Wanita Karir yang Bekerja Keras Rentan Menjadi Gemuk? Yuk Intip Penjelasannya

Kebanyakkan wanita bersusah payah menjaga dan menurunkan berat badan agar tetap ideal. Namun banyak kendala yang sering dihadapi oleh para wanita diantaranya hobi makan banyak, moody dalam olahraga, dan stress.

Tapi ternyata bukan soal makanan dan gaya hidup saja, ternyata wanita karir yang bekerja keras pun rentan menjadi gemuk. Kok bisa? Yuk intip penjelasan beradasarkan penelitian yang dilakukan di Sahlgrenska Academy, University of Gothenburg, Swedia yang dikutip doktersehat.com.

Penelitian tersebut menyebutkan banyak pekerja kantoran termasuk oara wanita karir yang kurang gerak akibat tugas hanya duduk dan mengoperasikan computer, mereka cenderung rentan menjadi gemuk. Karena kurang gerak, jarang olahraga serta lingkungan kerja yang bisa membuat stress setiap saat bisa berakibat naiknya berat badan.

“Tuntutan pekerjaan bisa mempengaruhi berat badan wanita dengan signifikan. Pada kaum pria, tidak ditemukan kaitannya antara tuntutan kerja dengan berat badan,” kata salah satu peneliti yang terlibat, Sofia Klingberg.

Adapun penelitian tersebut melibatkan lebih dari 3 ribu partisipan yang dicek kebiasaan sehari-harinya selama 20 tahun. Hasilnya sekitar 50 persen wanita karir yang bekerja dengan terlalu keras dan mengalami stress di tempat kerja mengalami kenaikan berat badan yang signifikan. Sedanhkan 20 persen wanita karir yang tidak stress akibat pekerjaanya, cenderung stabil.

“Kombinasi dari tuntutan pekerjaan yang berat dan pekerja rumah yang juga tak kalah menyibukkan membuat para wanita karir ini kesulitan mendapat waktu untuk berolahraga atau menjalankan gaya hidup yang lebih sehat,” jelasnya.

Jika anda termasuk wanita karir dan pekerja keras namun tidak gemuk, maka ikuti tips berikut agar berat badan anda tetap stabil dan ideal. Diantaranya membawa bekal sendiri agar asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh bisa terkontrol dan lebih sehat.

Kedua, tidak bekerja di waktu makan siang, jangan makan sambil memainkan computer, usahakan bisa mengendalikan stress, rajin bergerak dan olahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *