Udara Ibu Kota Buruk, Jakarta Jadi Kota dengan Polusi Udara Tertinggi di Dunia

Beberapa hari ke belakang, ramai diperbincangkan soal udara Jakarta yang disebu-sebut sebagi kota dengan polusi udara  tertinggi di dunia. Hal tersebut dikatakan berdasarkan pantauan alat ukur AirVisual pada Selasa (25/6/2019) lalu.

Pemantauan dari AirVisual disebutkan udara Jakarta pada Selasa (25/60 pagi, menyebutkan kualitas udara di Ibu Kota terburuk di dunia. Adapun nilai indeks kualitas udara (AQI) Jakarta mencapai 159.

Mengutip dari medcom.id, menurut AirVisual, AQI dihitung berdasarkan enam jenis polutan utama seperti karbon monoksida, PM2,5, PM10, asam belerang, nitrogen dioksida, dan ozon permukaan tanah. Polusi udara tersebut akan berdampak buruk diantaranya mata berair, batuk, dan kesulitan bernapas.

Dalam keadaan kondisi seperti ini, msyarakat terlebih yang bermukim atau beraktivitas di Jakarta agar lebih peduli terhadap kesehatan tubuh dengan menggunakan masker saat di luar. Tak hanya menjaga kesehatan tubuh, dengan adanya kabar ini seharusnya masyarakat bisa lebih aware terhadap lingkungan sekitar.

Adapun langkah kecil jika dilakukan bersama-sama dan massif akan berdampak positif yakni mengurangi volume kendaraan. Pemerintah DKI Jakarta sudah memfasilitasi transportasi umum atau transportasi massal dengan cukup baik, maka langkah kita untuk memanfaatkannya.

“Sumber terbesar dari masalah udara kita karena kendaraan bermotor yang begitu banyak di Jakarta,” ujar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Jakarta, Rabu (26/6/2019) lalu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *