Topan Hagibis Ancam Terjang Jepang Akhir Pekan Topan

Sendoksayur.co.id – Topan Hagibis skala besar ancam terjang Jepang pada akhir pekan ini. Topan yang dikategorikan dalam skala besar tersebut sebelumnya dilaporkan semakin menguat di Pasifik Selatan Jepang.

Menurut Agency Meteorological, diperkirakan badan tersebut akan menghantam pulau-pulau utama Jepang yakni Kyushu, Shikoku, dan Honshu selama tiga hari pada akhir pekan ini.

Mengutip liputan6.com, pada Selasa 8 Oktober 2019 badan meteorology mengumumkan kepada masyarakat agar waspada dan bersiap unntuk mengantisipasi topan musim ke-19 itu. Sejak Selasa pagi kemarin, Habigis sudah bergerak di Kepulauan Mariana di jalur barat barat laut.

Topan tersebut diprediksi akan berbelok ke utara dan mendekati daerah di sekitar Kepulauan Daito di Prefektur Okinawa pada Jumat (11/10/2019) hari ini.Habigis mungkin juga menuju ke Kyushu, Shikoku, dan Hoshu akan menerpa pada Sabtu (12/10/2019) hingga Minggu (13/10/2019) seperti dikutip Japan Times pada Rabu (9/10/2019).

Dampak dari Hagibis mungkin menyebabkan gelombang tinggi di Okinawa serta Kepulauan Ogasawara di selatan Tokyo pada pertengahan pekan ini, dan di pantai pasifik Hoshu pada Jumat. Selain itu, ada juga resiko angina kencang dan hujan lebat mulai Sabtu di berbagai daerah di Jepang.

Perlu diketahui, Topan Habigis berarti kecepatan dalam bahasa Tagalog, Filipina. “Angin topan dapat menyebabkan turunnya hujan deras dengan level tertinggi serta angina kencang,” kata seorang pejabat Lembaga Meteorologi Jepang yang dilansir Channel News Asia, Jumat (11/10/2019).

Perdana Menteri Jepang, Abe Shinzo meminta menteri cabinet agar melakukan upaya maksimal melindungi kepentingan public. Para pejabat dari Prefektur Chiba yang dikutip Tempo.co, meminta masyarakat bersiap dengan suplai makanan dan minuman se

Sementara berdasarkan situs Japan.travel, angina topan ini akan melanda selama tiga hari yakni 12-14 Oktober 2019 di Jepang. Topan tersebut akan melewati daerah Tokai, dan Kanto termasuk Tokyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *