Tips Mengatur Gaji Agar Tidak Cepat Habis

Memiliki gaji besar adalah hal yang diidam-idamkan setiap orang di muka bumi ini. bagaimana tidak, dalam memenuhi kebutuhan hidup semua harus menggunakan uang. Tidak hanya kebutuhan saja melainkan semua keinginan bisa terkabul secara cepat. Maka tidak heran, banyak orang yang menunggu tanggal gajian tiba. Perlu diketahui, kebanyakan perusahaan akan membayar para pekerja  setelah bekerja satu bulan lamanya.

Kamu pasti pernah merasakan, untuk menunggu tanggal gajian itu terasa sangat lama tapi habis bisa dengan seketika. Memang bukan hal baru, ini sering terjadi pada kebanyakan pekerja karena beberapa faktor. Maka harus diantisipasi agar tidak pusing karena kahabisan uang gaji sebelum waktunya. Berikut tips agar uang gajimu tidak cepat habis.

Membuat anggaran Bulanan

Rencanakan pengeluran anggaran setiap bulannya. Hal ini  berkaitan dengan kebutuhan primer dan tersier. Paling pokok dalam membuat anggaran adalah pengeluaran untuk kebutuhan primer seperti makan, tagihan listrik, membayar cicilan, bensin, biaya pendidikan, dan lainnya. Jadi bagi yang punya cicilan,  pisahkan dulu uangnya agar tidak pusing mencari tambahan uang untuk mengcover utang tersebut. Sedangkan untuk kebutuhan tersier atau bisa disebut sebagai keinginan seperti membeli kendaraan baru, menambah koleksi jam tangan, shopping, traveling bisa dipertimbangkan sesuai dengan sisa gaji kamu.

Ini wajib dibuat, karena sebagai langkah awal agar gaji tidak cepat habis. Jika tidak, maka tidak menutup kemungkinan kamu akan sulit mengawasi pengeluaran setiap rupiah dari gajimu untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Jadi tidak salahnya sebelum gajian kamu sudah merencanakan anggaran bulanan agar gajimu tidak cepat habis.

Menabung

Dengan menabung hidupmu akan tenang di masa depan. Biasakan setelah menerima gaji, uang tersebut tidak semua kamu belanjakan tapi sisihkan sedikitnya untuk ditabung. Ada banyak cara dalam menabung yakni di bisa menyimpan di bank dan celengan. Ini bisa diatur, bagaimana baiknya dalam menyimpan uang.

Karena roda kehidupan, hanya Tuhan yang tahu kapan kita di atas kapan di bawah. Sehingga ketika dihadapi krisis keuangan atau tiba-tiba perusahaan melakukan PHK secara mendadak, tabunganlah salah satu penyelamat. Walaupun sedikit, lama-lama akan menjadi bukit. Semangat menabung.

Jauhi Belanja Tidak Bermanfaat

Banyak orang saat memiliki banyak uang sering lupa dan buta. Yang dimaksudkan lupa dan buta di sini yakni dalam membelanjakan barang. Padahal itu dilakukan karena ego semata bukan karena sebuah kebutuhan. Panas karena melihat teman satu kantor punya handphone keluaran terbaru, kemudian ikut membeli karena tidak mau ketinggalan. Padahal itu hanya untuk menutupi rasa iri dan tidak mau dianggap tidak mengikuti zaman oleh teman se kantornya. Ketika sudah begitu, habis sudah uang gajimu karena rasa iri.

Hal terbaik adalah melawan ego dan menghindari rasa iri dengan melakukan rencana anggaran yang sudah dibuat. Kamu harus berpikir logis dan ke depan bahwa apa yang harus dibelanjakan haruslah bermanfaat. Sehingga tidak ada rasa menyesal setelah membeli barang tersebut.

Mulai Investasi

Selain menabung, berinvestasi juga sangat bagus untuk masa kini dan masa depan. karena investasi ini juga bisa dinikmati oleh orang tersayang kamu. Misal orang tua, suami, istri, bahkan anak. Jadi gaji bulanan kamu bukannya habis melainkan terus bertambah. Siapa sih yang enggak mau gajinya bertambah? Jadi mulailah berinvestasi sejak dini.

Ketika semua tips di atas sudah dijalankan, jangan lupa sebagai seorang makhluk ciptaan Tuhan, terutama bagi seorang muslim alangkah baiknya menyisihkan hartanya untuk berbagi. Agar hidup kita bahagia dunia dan akhirat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *