Tips Berolahraga yang Baik dan Benar

Seperti yang kita tahun bahwa olahraga adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk memelihara kesehatan tubuh. Tidak hanya itu saja, ternyata berolahraga khususnya dipagi hari juga memiliki banyak manfaat lainnya. Akan tetapi untuk memperoleh hasil maksimal, berolahraga juga harus dilakukan dengan baik dan benar, Lantas bagaimanakah caranya? kami akan memberikan tips berolahraga yang baik dan benar.

Mulailah Sedikit demi Sedikit

Mulailah untuk berolahraga ringan yang tidak terlalu membebani tubuh seperti jalan kaki, bersepeda santai, ataupun renang agar tubuh kita tidak kaget dan mulai terbiasa. Dengan porsi yang tidak terlalu berlebihan namun dengan waktu yang efektif. Mulailah dengan melakukannya selama 30 menit namun perlahan-lahan mulai menaikkan porsinya sampai paling sedikit 3,5 jam seminggu.

Pilih Olahraga yang Benar-Benar Kamu Sukai

Jika kamu memilih olahraga yang kamu sukai, biasanya akan ada suntikan dorongan semangat tersendiri. Mengapa demikian? karena olahraga yang kamu lakukan itu berdasarkan kesenangan yang kamu dapatkan. Tidak ada yang namanya paksaan, oleh karena itu cobalah beberapa jenis olahraga sampai menemukan yang paling kamu sukai dan lakukanlah secara teratur.

Ajak teman ataupun Keluarga Dekat

Seringkali seseorang malas berolahraga karena olahraga dilakukan secara sendiri dan tidak ada yang menemani. Oleh karena itu cobalah untuk mengajak teman dekat, kerabat, ataupun keluarga agar kamu lebih semangat untuk berolahraga agar lebih menyenangkan.

Pemanasan Sebelum Berolahraga

Pastikan untuk selalu melakukan pemanasan sebelum berolahraga karena tanpa melakukan pemanasan, otot akan bekerja secara tiba-tiba dan akan menyebabkan keram. Lakukan peregangan dan pemanasan selama 5-10 menit dengan aktivitas perlahan. Agar tubuh kita siap untuk menerima beban aktivitas fisik yang akan kita lakukan.

Lakukan Secara Rutin

Olahraga tentunya harus dilakukan secara rutin karena dengan begitu tubuh kita akan terbiasa melakukan aktivitas fisik tersebut. Lakukan olah raga seminggu maksimal 3 kali jangan lebih dari itu, lakukan secara teratur untuk menjaga kebugaran tubuh kita. Namun tetap saja harus di sesuaikan dengan kondisi badan kita. Jangan terlalu memaksakan diri jika kondisi badan kita memang sedang tidak mendukung agar olahraga yang kita lakukan akan berujung pada hasil yang maksimal.

Itulah kira-kira tips berolahraga yang baik dan benar menurut kami semoga saja bisa menjadi inspirasi bagi kalian para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *