Tagar #GejayanMemanggil Seruan Aksi Damai Trending Topik di Twitter

Sejak Minggu (22/9/2019) kemarin tagar #GejayanMemanggil menjadi trending topik di media sosial Twitter. Tagar tersebut merupakan seruan bagi mahasiswa dan masyarakat Yogyakarta untuk ikut turun melakukan aksi damai di Pertigaan Colombo, Gejayan, Senin (23/9/2019) pukul 13.00 WIB.

Sebelumnya sebuah undangan berupa banner berwarna hitam putih viral di media sosial. Seruan tersebut merupakan sebagai ajakan bagi masyarakat untuk ikut mengkritisi dan menyuarakan keberatan atas upaya pemerintah dan DPR dalam mengesahkan rancangan undang-undang yang dinilai kontroversi.

“Mengundang seluruh mahasiswa dan elemen masyarakat Yogyakarta untuk mengikuti aksi #GejayanMenanggil, Senin 23 September 2019” tulis banner tersebut.

Dalam banner tersebut menjelaskan Gejayan di tahun 1998 menjadi saksi perlawanan mahasiswa dan masyarakat Yogja terhadap rezim yang represif. Pada 2019 sekarang, Genjayan kembali memanggil jiwa-jiwa yang resah karena kebebasan dan kesejahteraannya terancam oleh pememrintah.

Sebagaimana diketahui, dewasa ini ramai pembahasan rancangan undang-undang yang kontroversi yang akan segera disahkan oleh pemerintah. Diantaranya memojokkan rakyat melalui RKUHP, UU KPK, RUU Ketenagakerjaan, RUU Pertanahan, Kriminalisasi Aktivis di berbaagai sector, dan ketidakseriusan pemerintah dalam menangani isu lingkungan dan RUU PKS yang tak kunjung disahkan.

Kemudian seruan ini pun direspon positif dari seluruh lapisan masyarakat, tidak hanya masyarakatYogyakarta melainkan seluruh nusantara. Hal ini dibuktikan dengan adanya trending topik #GejayanMemanggil di media sosial.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *