Siapa Takut Menjadi Solo Traveler, Ini yang Harus Kamu Persiapkan

Berlibur bersama teman, keluarga merupakan hal yang menyenangkan. Karena di sana kita bisa menghabiskan waktu bersama orang tersayang setelah sibuknya beraktivitas. Namun siapa sangka, berlibur sendirian pun harus asik karena bisa memanjakan diri dengan sepenuh hati. So siapa takut untuk menjadi solo traveler.

Soal persiapan seorang yang hendak melakukan solo traveler ini tidak berbeda dengan piknik bersama keluarga. Hanya saja mental untuk memberanikan diri ini lah yang membedakan. Rasa takut, khawatir terjadi hal yang tidak diinginkan pasti selalu menghantui para solo traveler terlebih pemula. Namun ini hanya sesaat, semua akan nyaman ketika kamu percaya kamu bisa.

Berikut cara dan persiapan yang wajib kamu lakukan sebelum menjadi solo traveler

Tentukan Lokasi

Kamu harus menentukan lokasi yang hendak kamu kunjungi, baik dalam maupun luar negeri. Namun secara pengalaman kebanyakan orang alangkah lebih baik mencoba solo traveler di negeri sendiri terlebih dahulu. Selain untuk sebuah pengalaman, juga ini bagus untuk pembelajaran ketika berjalan seorang diri. Tapi jika yakin hendak solo traveler ke luar negeri, maka ini menjadi pengalaman yang sangat menarik.

Persiapkan Perlengkapan

Persiapkan semua yang akan dibutuhkan di lokasi liburanmu, terlebih kamu yang akan menginap beberapa malam di sana. Dari pakaian, obat pribadi, tas, alat mandi, kamera, dan jangan lupa untuk tetap membawa identitas diri seperti passport, tiket dan juga handphone.

Cari info

Sebelum ke lokasi, kamu harus mencari info terlebih dahulu seperti soal kebiasaan, ada istiadat, bahasa, transportasi, lingkungan, dan tempat penginapan. Hal ini sangat mudah di era sekarang, kamu tinggal tanya ke mbah google (googling) dan pelajari dari beberapa sumber.

Buat Itinerarty Perjalanan

Agar perjalananmu berjalan lancar dan mengasikkan sesuai dengan harapan, kamu wajib buat itenerarty perjalanan. Itenerarty merupakan rencana perjalanan. Buatlah itenerarty dari titik kamu berada. Secara pertahap kamu rencanakan, seperti akan tinggal berapa lama, berangkat dan pulang kapan dan pukul berapa, transportasi yang digunakan, hotel, hingga tempa yang hendak kamu kunjugi.

Bawa Uang Cash

Walaupun zaman sudah serba digital, tidak salahnyna kamu membawa uang cash. Karena ini untuk berjaga-jaga ketika ada hal yang tidak diinginkan seperti mesin ATM error, jauh, atau lainnya. Terlebih jika kamu ke luar negeri, harus di persiapkan beberapa pecahan mata uang setempat untuk memudahkan bertransaksi.

Jaga Diri

Ini yang paling penting, semua persiapan sudah beres. Kamu harus bisa jaga diri selama solo traveler. Jangan lupa pamit kepada orang tua, keluarga atau teman. Jangan sembarang mengabarkan kalau kamu tengah sendiri kepada orang lain. hal ini hanya untuk berjaga-jaga dan menghindari hal yag tidak diinginkan.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *