Sering Ngopi? Kenali Dulu Manfaat dan Bahaya Kopi Bagi Kesehatan

Ngopi menjadi salah satu kegiatan yang masih populer di semua kalangan, terlebih milenial. Karena rasa kopi yang enak dan bikin ketagihan, juga tempat jual minuman kopi yang nyaman. Milenial ini lebih suka nongkrong di café sambil ngopi baik sendirian maupun bersama teman.

Hal ini menjadi kebiasaan sebagian orang yang sulit ditinggalkan. Namun sebelum nyeruput kopi ada baiknya, penikmat kopi mengetahui manfaat dan bahaya kandungan kopi bagi kesehatan.

Lima manfaat kopi untuk kesehatan

  1. Mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2

Dikutip doktersehat.com, beberapa peneliti menunjukan bahwa semakin sering anda meminum kopi tanpa gula, semakin kecil kemungkinan terkena risiko diabetes tipe 2. Argumen ini diperkuat dengan sebuah survei yang dilakukan oleh UCLA School of Publc Health and Medicine yang melibatkan lebih dari 700 perempuan di tahun 2011. Hasil survei mengatakan, apabila wanita menopause meminum 4 cangkir kopi sehari mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 50 persen.

  1. Melawan Kanker

Kopi pernah diyakini sebaagai penyebab kanker. Namun, peneliti tidak mempertimbangkan faktor lain seprti kebiasaan merokok dan minum alcohol. Kini, mafaat kopi terbukti bisa melindungi tubuh dari kanker tertentu dengan memperbaiki DNA.

Peneliti lain, mengatakan minum kopi dapat melawan risiko kenaker usus besar, kanker dubur, kanker mulut, dan kanker kerongkongan. Karena kopi mengandung ratusan senyawa kimia, diantaranya senyawa anti-inflasi dan antioksidan yang sangat aktif, seperti methylpyridinium. Bahakna kopi espresso memiliki dua sampai tiga kali lipat jumlah senyawa antikanker.

  1. Menurunkan resiko demensia (pikun)

Para riset dari Swedia dan Denmark, mengatkan survei terhadap lebih dari 1.400 orang dewasa yang mengonsumsi kopi setiap hari. Mereka meminum tiga sampai lima cangkir per hari, 65 persen lebih rendah terkena risiko demensia daripada yang hanya meminum dua cangkir atau tidak saama sekali.

Antioksidan dari kopi dapat bekerja untuk mengurangi bentuk demensia vascular. Maka kebiasaan meminum kopi hangat bisa menurunkan risiko pikun.

  1. Melindungi tubuh dari penyakit perkinson

Penyakit Parkinson disebabkan karena adnaya gangguan pada otak, yakni sistem saraf pusat otak manusia yang mengalami kemunduran. Penyakit ini ditandai dengan ketidakteraturan pergerakan, kesulitan pada saat memulai pergerkan dan kekakuan otot.

  1. Mencegah depresi

Ternyata kopi dapat menurunkan resiko depresi menurut beberapa peneli. Para ilmuan dari Harvard School of Public Health melaporkan jika orang yang minum kopi empat cangkir atau lebih per hari, memiliki risiko 20 persen lebih rendah mengalami depresi. Sedangkan orang yang mengonsumsi dua sampai tiga cangkir kopi memiliki risiko 15 persen lebih rendah.

Selain manfaat, penikmat kopi pun harus tahu soal risiko gangguan kesehatan akibat kopi yang dikutip alodokter.com.

Kesehatan jantung

Bahaya kopi dapat timbul jika dikonsumsi secra berlebihan, yakni memnyebabkan jantung berdetak kencang, menjadi tidak teratur dan menyebabkan kejang. Lalu, kopi yang tidak disaring juga dapat memicu beberapa hal yang dapat meningkatkan sisiko penyakit jantung, karena meningkatkan homocysteine atau salah satu jenis asam amino pembentukan protein yang diduga berhubungan erat dengan terjadinya serangan jantung, peningkatan lemak dalam daraah, serta kolestrol.

Kesehatan tulang

Kopi yang masuk ke dalam tubuh dapat mengikis kalsium dari dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui urine. Kondisi ini bisa menyebabkan osteoporosis dan melemahkan tulang. Jika anda menderita osteoporosis, sebaiknya kurangi konsumsi kopi, maksimal 300 mg per hri.

Kesehatan janin

Kopi terbilang masih aman jika dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit saat hamil. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih, bahaya kopi dapat menghambat perkembangan bayi dan bisa menyebabkan keguguran.

Kesehatan pencernaan

Kopi merupakan stimulant yang dapat meningkatkan metabolism. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, kopi bissa menyebabkan diare, meningkatkan asam lambung, menyebabkan sindrom iritasi pada usus dan membuat tubuh mengalami dehidrasi.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *