Ini Dia Tips Penyelamatan Diri Saat Banjir Melanda

Cara penyelamatan diri saat banjir tengah melanda rasanya perlu diketahui oleh penduduk Indonesia. Sebab salah satu bencana yang kerap kali melanda wilayah di Indonesia adalah banjir. Hampir setiap musim penghujan, banjir terjadi di berbagai wilayah di Indonesia. Salah satu kawasan yang kerap terdampak banjir adalah wilayah ibukota dan beberapa wilayah lain di Indonesia. Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadi bencana banjir di Indonesia. Terkadang hujan yang teramat deras sehingga menyebabkan sungai meluap dan terjadi banjir. Oleh karena itulah, ada baiknya untuk melakukan langkah antisipasi dengan mengetahui langkah-langkah apa saja yang bisa diambil untuk menyelamatkan diri ketika terjadi banjir.

Langkah Penyelamatan Diri Saat Banjir

Terkadang banjir datang dengan tiba-tiba sehingga tidak banyak yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan diri serta barang berharga. Namun tak jarang juga banjir datang sedikit demi sedikit dan lama-lama meninggi. Seringkali banjir terjadi akibat hujan yang terlalu deras sehingga menimbulkan banjir. Nah, berikut ini adalah beberapa langkah penyelamatan diri saat banjir yang bisa dilakukan agar tidak terjebak dalam banjir.

  • Saat curah hujan yang turun cukup tinggi, sebaiknya untuk waspada dan segera mencari tempat perlindungan yang aman. Terutama jika banjir sudah mulai menggenang dan mulai memasuki rumah. Jangan tunggu hingga air meninggi. Segeralah melakukan evakuasi ke tempat yang aman untuk antisipasi agar tidak terjebak banjir.
  • Jika terjebak di dalam rumah, usahakan jangan panik dan segera meminta bantuan.
  • Sebaiknya periksa dan perhatikan lingukan anda ketika terjadi banjir. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Misalnya saja tersengat aliran listrik karena lingkungan yang basah dan tergenang air. Jadi saat banjir mulai menggenang, langsung padamkan aliran listrik.
  • Jika masih memungkikan, segera pindahkan barang dan perabotan rumah ke tempat yang lebih tinggi. Sehingga perabotan tidak rusak terkena air banjir dan juga lumpur.

Jadi itulah beberapa langkah penyelamatan diri saat banjir. Pastikan segera lakukan langkah menyelamatkan diri agar tidak terjebak banjir. Jangan panik dan segera meminta bantuan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *