Penting Nih! Cara Menyelamatkan Diri Saat Gunung Meletus

Bagaimana cara menyelamatkan diri saat gunung meletus.? Bencana alam memang menjadi salah satu peristiwa yang tidak dapat diprediksi kapan datangnya. Terkadang periwstiwa alam ini datang secara tiba-tiba. Namun beberapa bencana alam dapat diketahui tanda-tandanya sehingga bisa melakukan penyelamatan diri. Salah satu bencana alam yang memiliki peluang besar terjadi di wilayah Indonesia adalah gunung meletus. Di Indonesia sendiri, terdapat puluhan gunung berapi aktif yang bisa sewaktu-waktu mengalami erupsi dan letusan. Letak geografis Indonesia yang berada pada jalurĀ Ring of FireĀ membuat Indonesia memiliki banyak sekali gunung berapi yang aktif. Dan letusan gunung berapi ini bisa menimbulkan dampak yang cukup parah.

Baca juga : Cara Menyelamatkan Diri Dari Tsunami, Bagaimana?

Menyelamatkan Diri Saat Gunung Meletus

Gunung berapi yang akan mengalami erupsi atau letusan biasanya akan menampakkan tanda-tanda. Dan biasanya status gunung berapi akan berupa. Jika status gunung berapi sudah menunjukkan semakin dekat akan erupsi, biasanya warga sekitar akan diperingatkan untuk menjauhi gunung dan mengungsi. Jika sudah menerima peringatan seperti inilah penduduk sekitar harus benar-benar melakukan tindakan penyelamatan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diingingkan. Lalu apa saja cara menyelamatkan diri saat gunung meletus? Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Saat gunung berapi berada pasa status siaga, persiapkan berbagai hal untuk persiapan evakusai dan mengungsi ke tempat aman. Seperti menyiapkan kotak P3K, makanan, masker dan atau kacamat, pakaian, serta radio. Radio berguna untuk memantau berita terbaru terkait aktivitas gunung berapi nantinya.
  • Sebaiknya untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih aman. Untuk menghindari berbagai kemungkinan yang akan terjadi nantinya.
  • Saat gunung berapi sudah mulai erupsi, langkah menyelamatkan diri saat gunung meletus akan lebih serius. Pastikan untuk menghindari daerah rawan seperti lereng, jalur aliran lahar dan lembah. Gunakan pakaian yang dapat melindungi diri dari abu vulkanik dengan mengenakan pakaian panjang. Jangan lupa mengenakan masker dan juga kacamata agar tidak menghirup abu vulkanik.
  • Biasanya jika erupsi gunung berapi sudah usai, akan ada himbauan lagi dari para petugas. Jadi pastikan untuk terus memantau berita terkini perkembangan gunung berapi. Terutama bagi penduduk yang berada pada area yang tidak diharuskan mengungsi. Tetap jauhi area yang masih dipenuhi dengan debu vulkanik agar tidak mengganggu pernafasan. Pastikan untuk tidak membuka ventilasi agar debu tak masuk ke dalam rumah dan bisa mulai untuk membersihkan atap atau sekitar rumah dari debu vulkanik.

Jadi itulah beberapa langkah menyelamatkan diri saat gunung meletus. Semoga bermanfaat.

One thought on “Penting Nih! Cara Menyelamatkan Diri Saat Gunung Meletus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *