Pemadaman Tagar #matilampulagi Jadi Trending Topik di Twitter, Ada Apa Dengan PLN?

Mati lampu atau mati listrik menjadi buah bibir di masyarakat Indonesia terkhuhus wilayah Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Sebab, Minggu (4/8/2019) kemarin kurang lebih 8 jam padam dan kejadian ini berdampak pada rutinitas masyarakat yang akhirnya menjadi trending topik di twitter dengan tagar #matilampu, sedangkan hari ini tagar #matilampulagi.

Sejak pukul 11.00 WIB, Minggu (4/8/2019) siang wilayah Jakarta, Banten, dan Jawa Barat telah terjadi pemadaman yang terjadi akibat gangguan pada sejumlah pembangkitan di Jawa. Kejadian yang tidak biasa ini menjadi sorotan warganet di twitter dan media sosial lainnya. Baik memberikan cuitan informasi, keluhan, kritik, dan lainnya disertai dengan tagar #matilampu.

Tak hanya kemarin, pagi ini (5/8/2019) sejumlah wilayah masih mengalami pemadaman sehingga tagar #matilampulagi menjadi trending topik di twitter pagi ini.

“Isi kulkas otomatis bau, Cilegon sekitarnya barunya jam 11 malam jam 3 pagi udah mati lagi, hai pln komplen dong cpt diperbaiki kan kl kita telat sehari bayar sdh kena denda terus sekrang pln didenda apa ya sm masyarakat? #matilampulagi,” tulis @YanieadhywiriaA

“#matilampulagi baru nyala mati lagi liat twitter ada iklan hp pipa fitur wah, pengen komen “hp lo bisa apa klo gak ada listrik?” @BobbyIndratama

Terkait pemadaman ini pihak PLN telah menyampaikan permaohonan maaf kepada pelanggannya. Hal tersebut terjadi akibat gangguan pada sejumlah Pembangkit di Jawa.

Dijelaskan bahwa, Gas Turbin 1 sampai dengan 6 Suralaya mengalami  trip, sementara Gas Turbin 7 saat ini dalam posisi mati (Off). Selain itu Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon juga mengalami gangguan atau trip. Gangguan ini mengakibatkan aliran listrik di Jabodetabek mengalami pemadaman.

“Kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk pemadaman yang terjadi, saat ini upaya penormalan terus kami lakukan, bahkan beberapa Gardu Induk sudah mulai berhasil dilakukan penyalaan”Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka.

Menurutnya, di Jawa Barat terjadinya gangguan pada Transmisi SUTET 500 kV mengakibatkan padamnya sejumlah area seperti Bandung, Bekasi, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, Sukabumi dan Bogor.

“Sekali lagi kami mohon maaf dan pengertian seluruh pelanggan yang terdampak akibat gangguan ini, kami berjanji akan melakukan dan mengerahkan upaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki sistem agar listrik kembali normal” Tutup Made.

Perlu diketahui, dari sisi perbaikan penyebab gangguan :

– sudah dilaksanakan pengamanan GSW yang putus, dan penyalaan kembali GT di Suralaya.

– akan dilaksanakan scanning assesmen kondisi GSW yang se type.

– pengaturan beban dari UP2B untuk meminimalisir pemadaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *