Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Seringkali kita malas untuk berolahraga karena memang kita sedang tidak ingin untuk keluar rumah. Namun sebenarnya ada beberapa latihan sederhana yang dapat kita lakukan didalam rumah namun sangat efektif untuk membakar kalori dan bisa dijadikan pengganti olahraga pada umumnya. Apa sajakah itu? berikut adalah olahraga ringan yang bisa dilakukan dirumah.

Naik Turun Tangga

Sebuah olahraga sederhana yang tidak terlalu menuntut stamina yang tinggi namun cukup efektif untuk membakar timbunan lemak dalam tubuh. Mungkin buat kamu yang memiliki rumah bertingkat kamu bisa memanfaatkan tangga yang berada dirumah kamu sebagai alat bantu latihan ini. Yang kamu harus lakukan cukup naik turun tangga seperti layaknya kamu hendak naik kelantai atas dan turun kelantai bawah rumah kamu. Awali dengan tempo lambat, jika sudah kuat mulai untuk percepat temponya agar latihan yang kamu lakukan bisa memperoleh hasil maksimal. Latihan sederhana ini memiliki fungsi untuk membantu untuk mengecilkan perut, paha, dan melatih otot kaki. Selain itu melakukannya secara rutin dapat meningkatkan sirkulasi darah dan denyut jantung kita.

Latihan Lantai

Hanya dengan bermodalkan lantai saja kamu sebenarnya bisa melakukan beragam latihan fisik yang setara dengan olahraga diluar ruangan ataupun di tempat gym misalnya. Untuk latihan yang lumayan beratnya, kamu bisa melakukan push up, sit up, squat, lompat tali, senam dan masih banyak lagi. Tapi buat kamu yang tidak ingin melakukan olahraga yang terlalu berat, kamu pun bisa memilih opsi lainnya yang lebih ringan seperti yoga, meditasi, peregangan dan lain-lain.

Menyapu dan Mengepel Lantai

Jangan dikira bahwa aktivitas ringan yang dilakukan atas dasar untuk menjaga kebersihan ini tidak memiliki manfaat lainnya. Karena dengan menyapu atau mengepel lantai setara dengan melakukan olahraga lainnya palagi jika skala rumah kamu besar. Tubuh akan berkeringat karena aktivitas ini mampu membakar lemak sehingga kamu tetap bugar, selain itu kegiatan ini juga bisa meningkatkanĀ fleksibilitas tubuh.

Mencuci Baju

Yang dimaksud disini tentunya bukan mencuci baju menggunakan mesin melainkan secara manual menggunakan tangan. Untuk kamu yang malas mencuci baju menggunakan tangan, kamu mungkin telah melewatkan salah satu peluang untuk membakar lemak dalam tubuh kamu. Mencuci baju secara manual bisa menjadi latihan yang efektif dalam menyehatkan tubuh. Oleh karena itu, cobalah sesekali untuk tidak selalu bergantung pada mesin cuci dan cuci lah menggunakan tangan secara manual.

Itulah kira-kira olahraga ringan yang dapat kamu lakukan dalam rumah, semoga saja artikel ini bisa menjadi sebuah pengingat bahwa olahraga itu sebenarnya bisa dilakukan dimana saja dan dengan cara yang beragam. Maka dari itu, tidak ada alasan lagi untuk tidak berolahraga meskipun kamu sedang tidak ingin keluar rumah, demi menjaga kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *