Musim Kemarau Akan Berakhir, Lakukan 5 Persiapan Ini Agar Akativitasmu Lancar

Musim kemarau 2019 akan segera usai di wilayah Indonesia. Pasalnya beberapa daerah curah hujan meningkat seperti di Bandung dan Jakarta. Untuk menghadapi perubahan musim dari kemarau ke penghujan, ada baiknya untuk mempersiapkan diri. Hal ini agar aktivitas atau rutinitasmu tidak terganggu.

Berikut 5 perisiapan agar aktivitasmu lancar pada saat musim hujan :

  1. Jaga diri agar tetap kering

Saat musim hujan nanti, pastinya hari akan selalu basah dan lembab. Agar aktivitasmu tidak terganggu membawa jas hujan atau payung dan jaket adalah yang harus dilakukan. Setiap harinya cek perkiraan cuaca di BMKG atau di aplikasi smartphone agar kamu bisa mengetahui apa yang akan terjadi hari ini.

Selain itu, pakailah pakaian yang nyaman dari penutup kepala hingga sepatu dan jaga agar tetap kering. Untuk antisipasi ketika lupa membawa payung, kamu bisa membawa descode kerja di tas anti air dan kamu berangkat dari rumah menggunakan pakaian bebas dan sandal. Jika memungkinkan, simpan saja satu stel baju di kantormu untuk jaga-jaga.

  1. Hindari pakaian ketat

Selain tubuh harus tetap kering, hindari juga pakaian yang ketat. Karena pakaian ketat dapat memicu pertumbuhan jamur di kulit. Karena jamur membutuhkan dua hal untuk tumbuh dinataranya panas dan kelembaban.

Hal yang biasanya terjadi, jamur bisa muncul di ketiak, sekitar alat vital, leher, dan disela-sela jari kaki. Sehingga harus tetap dijaga agar tetap kering.

  1. Konsumsi vitamin dan sedia obat

Tidak asing lagi, ketika pergantian musim dari kemarau ke hujan atau sebaliknya tubuh sedikit sensitive. Flu, batuk, panas, dingin begitu dirasa ketika pergantian musim. Maka konsumsi vitamin agar tubuh tetap fit. Jika dirasa sudah terserang demam atau alergi segera minum obat agar tubuh kembali sehat dan aktivitasmu tidak terganggu.

  1. Jaga pola makan dan jenis makanan

Musim hujan, perut akan merasa lapar terus. Mulut ingin terus mengunyah dan menyeruput yang hangat. Tidak ada yang salah, namun pola makan harus tetap dijaga, misal usahakan tetap makan pagi sebelum melakukan aktivitas, makan siang dan makan makan malam.

Jenis makanan pun harus diperhatikan, jangan asal jajan di luar. Perhatikan kebersihan makanan tersebut. Karena di musim hujan bakteri tumbuh. Makanan yang hangat sangat direkomendasikan agar tubuh tetap hangat dan nyaman.

  1. Mandi dua kali sehari

Usahakan tetap mandi walaupun udara cukup dingin. Mandilah dua kali dalam sehari pagi dan sore setelah beraktivitas. Ini demi kesehatan agar tubuh tetap segar dan terhindar dari infeksi yang menyebabkan penumpukan kotoran saat lembab.

Walaupun suhu dingin, setelah seharian beraktivitas keringat selalu ada dan menempel di kulit. Sehingga mandi adalah cara untuk membersihkan keringat dan menghilangkan aroma tidak sedap karena bakteri.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *