Bercak Putih Pada Kuku? Begini Penjelasan Secara Medis

Pernah mengalami bercak putih pada kuku?. Ternyata hadirnya bercak putih pada kulit bukan tanda ada yang jatuh cinta pada kita, itu hanya mitos.

Lalu bagaimana fakta sebenarnya? Menurut penjelasan yang dikutip huffington Post.

Leukonychia
Secara medis disebut Leukonychia. Penyebabnya adalah kaarena ada trauma ringan yang terjadi pada kuku yang sedang tumbuh. Jadi bercak putih sebenarnya menunjukkan berbagi gelaja atau kondisi medis yang dialami oleh tubuh anda.

Kebanyakan bercak atau garis putih ditemukan pada kuku jari tangan. Karena jari tangan lebih aktif dibanding jari kaki, sehingga kemungkinan terjadinya trauma lebih sering dialami kuku jari tangan.

Bukan Tanda Suatu Penyakit
Namun tidak usah khawatir, karena bercak putih pada kuku bukan pertanda adanya penyakit tertentu. Dugaan kekurangan konsumsi kalsium dan vitamin pun tidak tepat. Pada intinya tidak ada kaitannya dengan penyakit tertentu dan tidak membutuhkan pengobatan atau perawatan khusus. Tanda itu akan hilang dengan sendirinya.

Sementara penjelasan yang dikutip honestdocs.id mengatakan hal yang berbeda. Berikut penyebab bercak putih pada kuku.

Reaksi alergi
Bercak putih bisa muncul pada kuku karena adanya reaksi alergi terhadap cat kuku, pengeras kuku atau penghilang cat kuku. Penggunaan kuku akrilik atau gel juga dapat merusak kuku anda yang dapat menyebabkan bercak putih.

Kekurangan zat besi
Zat besi merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan munculnya garis putih pada kuku. Maka perbanyak konsumsi yang mengandung zat besi seprti tiram, kacang panggang, yogurt, kepiting, daging sapi, bayam, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Kekurangan protein
Seseorang yang kekurangan protein juga bisa menimbulkan bercak putih pada kuku. Bercak berbentuk garis yang dikenal sebagai garis Muehrcke dengan posisi horizontal pada satu atau dua kuku ketika tumbuh.

Kekurangan kalsium
Untuk mengatasi terjadinya bercak putih pada kuku, bisa mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium seperti susu, yogurt, keju, sumsum tulang sapi, bayam, kangkung, alpukat, ikan salmon, dan lainnya.

Infeksi Jamur
Jamur kuku yang biasa disebut onychomycosis dapat muncul di kuku kaki. Infeksi awal ditandai dengan munculnya bercak putih kecil pada kuku, sehingga menyebabkan kuku kaki menebal dan rapuh.

Penyakit serius

Bercak putih pada kuku pertanda penyakit serius. Diantaranya penyakit hati, ginjal, anemia, koilonychias.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *