Minuman Tradisional yang Ampuh Menghangatkan Tubuh

Saat musim hujan begini, mengkonsumsi minuman hangat tentu menjadi salah satu pilihan terbaik bagi tubuh kita. Apalagi jika memang tubuh kita baru saja terguyur hujan setelah melakukan rutinitas sehari-hari. Seringkali minuman tradisional lebih dipercaya ampuh untuk menangani masalah ini karena selain harganya lebih murah, minuman tradisional juga memiliki khasiat lebih banyak. Oleh karena itu kami akan memberikan rekomendasi minuman tradisional yang ampuh menghangatkan tubuh!

Bandrek

Salah satu minuman tradisional yang berasal dari Jawa Barat yang selalu mampu untuk menghangatkan tubuh kamu saat dilanda kedinginan. Terbuat dari bahan alami seperti Jahe, gula merah, dan tak jarang dicampur dengan rempah-rempah lainnya seperti pandan, serai, merica, bahkan dengan telur ayam kampung untuk menguatkan efek hangat yang dikandungnya. Selain itu, minuman ini juga dipercaya mampu meredakan berbagai macam penyakit seperti flu, batuk, dan sakit tenggorokan.

Bajigur

Sama seperti Bandrek, Bajigur juga merupakan salah satu minuman khas Jawa Barat yang sama-sama selalu dipercaya ampuh untuk menghangatkan tubuh. Bedanya bahan yang digunakan dalam minuman ini adalah campuran santan, gula merah, jahe, daun pandan, dan garam. Jika kamu berdomisili di Bandung dan sekitarnya, mungkin minuman ini akan sangat mudah dijumpai karena biasanya minuman ini biasanya dijajakan lewat gerobak di malam hari. Sayangnya mungkin di kota-kota lain, minuman ini akan sulit ditemukan.

Wedang Jahe

Selain pas buat menghangatkan tubuh, minuman ini juga mampu untuk menjaga tubuh agar tetap fit karena terbuat dari ekstrak dan sari jahe. Memiliki rasa manis dan pedas khas jahe, minuman sederhana ini ternyata juga merupakan salah satu minuman favorit diluar negeri jika cuaca sedang dingin loh!. Kamu juga bisa mencoba membuatnya sendiri, karena sekarang sudah banyak wedang jahe saset yang bisa kamu beli di warung  dan tinggal menyeduhnya sendiri.

STMJ

Siapa yang tak pernah mendengar minuman STMJ? minuman singkatan dari Susu Telur Madu Jahe ini merupakan salah satu minuman yang tepat untuk menghangatkan tubuh. Sesuai dengan namanya, minuman ini merupakan campuran dari susu kental manis, telur ayam kampung, madu, dan jahe yang dihancurkan sehingga tentunya memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Seperti halnya Wedang Jahe, kamu juga sudah bisa menemukan STMJ saset dengan mudahnya di warung terdekat jadi tidak usah ribet untuk mengumpulkan semua bahan dan meraciknya sendiri.

Bir Pletok

Dari namanya mungkin banyak diantara kamu akan beranggapan negatif  terhadap minuman khas Betawi ini, namun jangan khawatir karena minuman ini tidak mengandung alkohol sama sekali. Melainkan terbuat dari rempah – rempah seperti serai, jahe, kapulaga, kayu manis, dan kayu secang yang tentunya sangat bagus untuk kesehatan kamu. Seringkali dikonsumsi oleh warga Jakarta jika memang cuaca sedang dingin karena memiliki citarasa yang terbilang unik dan memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh kita seperti meredakan migrain, melindungi sistem pencernaan, meningkatkan nafsu makan, mencegah kanker kolorektal, memperlancar aliran darah, mengobati masuk angin, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa minuman tradisional yang dijamin apuh menghangatkan tubuh saat sedang diserang udara dingin, semoga bisa menjadi rekomendasi kamu yang seringkali beraktivitas ditengah cuaca hujan seperti saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *