Info Penting, Menyelamatkan Diri ketika Gempa Menggoncang!

Menyelamatkan diri ketika terjadi bencana alam dengan segera tentu dapat menyelamatkan nyawa. Apalagi di kawasan rawan bencana seperti di Indonesia. Pengetahuan tentang bagaimana cara menyelamatkan diri ketika gempa, tsunami, banjir, tanah longsor dan lainnya menjadi sangat penting. Bencana alam tersebut adalah beberapa macam bencana yang sering terjadi di Indonesia. Belum lama ini, pada tahun 2018 lalu terdapat bencana tsunami yang menghantam pesisir Banten. Tsunami tersebut diakibatkan oleh erupsi gunung Anak Krakatau yang terdapat di selat Sunda. Selain itu, beberapa waktu lalu juga terjadi tanah longsor yang melanda Sukabumi dan menelan cukup banyak korban. Bencana banjir pun kerap melanda beberapa wilayah di Indonesia. Serta gempa bumi yang juga sering menggoncang beberapa wilayah Indonesia hingga menimbulkan tsunami.

Baca juga : Penting Nih! Cara Menyelamatkan Diri Saat Gunung Meletus

Cara Menyelamatkan Diri Ketika Gempa Bumi

Salah satu bencana alam yang kerap terjadi dan menimbulkan kerusakan cukup parah bahkan hingga menimbulkan bencana alam lain adalah gempa bumi. Beberapa waktu lalu di Lombok dan juga di Palu, gempa bumi hebat mengguncang wilayah tersebut dan menimbulkan gelombang tsunami yang cukup tinggi. Oleh karena itu rasanya penting mengetahui cara menyelamatkan diri ketika gempa. Sehingga dapat meminimalkan jatuhnya korban. Bagaimana saja caranya menyelamatkan diri saat terjadi gempa?

  • Saat Berada di Dalam Ruangan

Saat gempa terjadi dan kamu berada di dalam ruangan, pastikan untuk tidak berada pada benda-benda yang terbuat dari kaca atau mudah pecah yang berbahaya. Bergegaslah keluar ruangan namun jangan sampai berdesakan jika memang dalam ruangan yang padat. Saat goncangan sedang berlangsung, usahakan tetap berada pada posisi dan lingungilah diri kamu. Sembunyilah di bawah meja atau benda kokoh lainnya atau bisa dengan berjongkok di sudut ruangan sambil melindungi kepala. Baru bergegas keluar ketika goncangan telah berhenti.

  • Saat Berada di Luar Ruangan

Jika gempa bumi terjadi ketika kamu  berada di luar ruangan, langkah menyelamatkan diri ketika gempa yang tepat adalah dengan menghindari bangunan. Usahakan untuk berdiri jauh dari bangunan-bangunan untuk menghindari jika sewaktu-waktu bangunan roboh. Berjongkoklah dan lindungi kepala agar tidak ada benda atau reruntuhan yang dapat menimpa kamu. Dan apabila berada di dekat pantai, segera berlari dan berlindung ke tempat tinggi yang aman.

  • Saat Berada di Dalam Mobil

Saat berada di dalam mobil pun terkadang goncangan gempa sangat terasa. Jika merasakan adanya goncangan gempa, segera untuk menghentikan mobil dan tarik rem tangan agar mobil dalam keadaan stabil. Jika berada di ruangan terbuka, akan lebih baik untuk tetap berada di dalam mobil hingga goncangan berhenti sehingga lebih aman.

Gempa bumi, terutama gempa bumi di Indonesia dapat disebabkan oleh berbagai hal. Apalagi Indonesia memiliki kondisi geografis yang dapat memicu terajdinya gempa. Jadi akan lebih baik untuk membekali diri dengan pengetahuan cara menyelematkan diri ketika gempa seperti ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *