Mbah Maimun Zubair Meninggal Dunia Saat Ibadah Haji di Mekkah

Sendoksayur.co.id – Seorang ulama besar Indonesia KH Maimun Zubair dikabarkan meninggal dunia di Mekkah, Selasa (6/8/2019) kemarin. Beliu wafat saat menjalani serangkaian ibadah haji.

Kiai kharismatik yang dikenal dengan sebutan akrab Mbah Moen meninggal di usia 90 tahun. Kabar tersebut dibenarkan oleh salah seorang putra Mbah Moen, Majid Kamil MZ. Dimana Mbah Moen pernah menyampaikan keinginannya meninggal di Mekkah.

“Lewat orang dekatnya, beliau mengatakan bahwa kepingin meninggal di Mekkah. Makanya dari sini juga keluarga yang tadinya banyak saran-saran untuk diambil saja ke Indonesia, tapi keluarga hati-hatinya melihat juga, mantaonya di makamkan di Mekkah,” Kamil seperti dikutip detik.com, Selasa (6/8/2019).

Tidak hanya keinginan meninggal di Mekkah, namun juga tepat pada hari Selasa. Pasalnya semasa hidupnya Mbah Meon selalu membahas soal hari Selasa.

“Dan harinya pun hampir tahu lah, hari Selasa. Memang Mbah Meon memprediksi hari Selasa. Semasa hidupnya Mbah Moen selalu membahas soal Selasa. Memnag beliau dari orang-orang bahwa inging meninggal di Mekkah dan hari Selasa,” ujarnya.

Perlu diketahui, Mbah Moen merupakan tokoh Nahdatul Ulama, ulama kharismatik. Juga tokok yang sangat di hormati dan dituakan baik dalam lingkungan pemerintahan, ulama, santri, dan masyarakat.

Selama perjalanan hidup, Mbah Meon dikenal sebagai ahli fiqih, politikus juga seorang penggerak. Selain itu kiai kelahiran Rembang Jawa Tengah 28 Oktober 1928 meruoakan pengasuh Pondok pesantren Al Anwar Sarang, Rembang dan menjabat sebagai ketua Majelis Syariah Partai Persatuan Pembangunan. Sebelumnya pun pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Rembang selama 7 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *