Masih Mau Jadi Perokok Aktif? Ini Dampak Buruk Rokok yang Akan Mengintai Hidup Anda

Semua orang tentu sudah mengetahui soal bahaya rokok baik dari kandungan zat di dalamnya maupun asap yang dikeluarkannya. Segala macam penyakit hingga ancaman kematian sudah dijelaskan secara terang-terangan di dalam kemasan rokok baik perokok aktif maupun pasif.

Namun sebagaian bersar warga mengabaikan peringatan tersebut, terlebih di Indonesia yang sangat mudah untuk mendapatkan rokok. Hingga  kemudahan ini berdampak buruk bagi generasi penerus bangsa yang begitu konsumtif atau kecanduan rokok sejak dini. Berikut bahaya rokok bagi perokok aktif.

Kanker

Perokok aktif akan diserang kasus kanker papu-paru, bahkan ketika dipersentasekan dampaknya mencapai 90 persen. Tidak hanya itu, bahkan dampaknya kan menyerang ke berbagai tubuh yang lainnya. Diantaranya mulut, bibir, tenggorokan, taring, kerongkongan, kandungan kemih, ginjal, hati, dan pancreas. Tentunya beberapa macam bahaya tersebut telah dijelaskan dalam kemasan rokok dalam bentuk gambar.

Masalah Jantung

Merokok bisa merusak jantung dan sirkulasi darah, sehingga mengakibatkan perokoknya mengidap beberapa penyakit. Diantaranya penyakit jantung coroner, serangan jantung, stroke, penyakit vascular perifer atau pembuluh darah yang rusak, dan penyakit serebrovaskular atau arteri yang rusak memasok darah ke otak.

Masalah Paru-paru

Rokok memang berkaitan dengan masalah paru-paru dan ini sangat mempengaruhi kesehatan. Yang mana, pelaku perokok akan menyebabkan kondisi sebagai berikut:

Penyakit paru obstruk kronik (PPOK), yang mengurangi pasokan oksigen ke darah kerena terblokirnya jalan napas akibat perdaganagn (bronchitis) dan rusaknya jalan kantung udara (emfisema).

Selain itu juga menyebabkan pneumonia, penyakit infeksi yang menyerang paru, sehingga menyebabkan kantung udara di dalam paru meradang dan membengkak. Kondisi kesehatan ini sering kali disebut dengan paru-paru basah, sebab paru bisa saja dipenuhi dengan air atau cairan lendir.

Merokok juga dapat memperburuk atau memperpanjang gejala kondisi pernapasan seperti asma atau infeksi saluran pernapasan seperti flu biasa. Pada pria, merokok dapat menyebabkan impotensi karena menghambat pasokan dan aliran darah ke penis. Bahkan merokok juga dapat mengurangi kesuburan pria dan wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *