Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Tubuh

Siapa yang tak kenal makanan yang satu ini? makanan semua umur ini seringkali dikaitkan dengan penyebab terjadinya beberapa penyakit yang berhubungan dengan kesehatan gigi. Beberapa penelitian memang tidak membantahnya, namun semua itu terjadi jika kita terlalu banyak mengkonsumsinya, karena perlu diingat bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik.

Namun sebetulnya jika kita mengkonsumsinya dengan jumlah yang sewajarnya coklat juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh loh! apa sajakah itu? berikut adalah beberapa Manfaat coklat bagi kesehatan tubuh!

Mencegah Penyakit Jantung

Coklat terbuat dari biji kakao, dan biji kakao kaya akan nutrisi tanaman yang disebut flavanoid. Manfaat dari flavanoid ini adalah memiliki sifat antioksidan yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Bahkan menurut pakar kesehatan dari Universitas Harvard, mengonsumsi cokelat dalam jumlah sedang juga dapat mengurangi risiko atrial fibrillation atau kondisi detak jantung tidak teratur yang dapat meningkatkan risiko stroke, gagal jantung, dan komplikasi jantung lainnya. Diantara ragam jenis cokelat yang ada, cokelat hitam merupakan yang paling besar mengandung nutrisi tersebut. Oleh karena itu, semakin kita sering mengkonsumsi coklat hitam kita akan semakin terhindar dari resiko serangan jantung.

Meningkatkan Kemampuan Otak

Sebuah studi yang dilakukan tahun 2014 lalu mengungkapkan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi suplemen kakao tinggi flavanoid selama tiga bulan tampil lebih baik dalam sebuah tes memori dibandingkan peserta yang tidak mengkonsumsinya sama sekali. Jadi buat kamu yang pelupa mengkonsumsi coklat khususnya coklat hitam merupakan solusi terbaik untuk kamu. Selain itu coklat juga mampu membuat syaraf dalam tubuh menjadi rileks, membantu sistem kerja otak, dan memproduksi rasa senang yang membuat kita semakin enjoy dalam beraktivitas.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Kebanyakan orang berfikiran bahwa mengkonsumsi coklat dapat menaikan berat badan, namun sebenarnya itu kembali lagi kepada seberapa banyak atau seberapa seringkah kamu mengkonsumsinya. Bahwa memang benar jika kamu kebanyakan makan coklat kamu mungkin akan mendapatkan dampak negatifnya yang dalam hal ini bisa membuat kegemukan. Namun jika mengkonsumsi dalam jumlah yang tepat coklat justru memiliki efek kebalikannya yaitu dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan. Penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen menyimpulkan bahwa dengan mengkonsumsi coklat hitam akan memberikan efek kenyang lebih lama akibatnya rasa lapar akan tertunda. Kebiasaan lapar pun akan berkurang sehingga pola makan akan lebih teratur.

Menjaga Kesehatan Kulit 

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa coklat dapat membantu melindungi kulit dari sinar Ultra Violet yang berbahaya, mempertahankan elastisitas kulit, meremajakan sel-sel kulit bahkan coklat juga bisa membantu memperbaiki kulit yang rusak. Tentunya coklat yang dimaksudkan disini adalah coklat rendah gula, karena kebanyakan gula juga malahan akan menimbulkan jerawat.

Memperlancar Saluran Pencernaan

Coklat hitam memiliki kandungan magnesium tinggi yang mampu meningkatkan kinerja usus dan membantu kontraksi otot polos usus. Selain itu, kandungan flavonoid dalam coklat juga akan meningkatkan protein yang mengatur sekresi cairan dalam usus kecil sehingga berpotensi menghentikan diare dan memperlancar buang air besar.

Itulah beberapa manfaat coklat bagi kesehatan tubuh, segala makanan jika tidak dikonsumsi secara berlebihan mungkin saja memiliki dampak positif untuk tubuh bahkan coklat sekalipun yang sering dikaitkan dengan penyebab terjadinya berbagai macam penyakit. Konsumsilah sesuai kebutuhan sehingga bukan hanya kenikmatannya saja yang kita rasakan, manfaatnya pun akan kita dapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *