Manfaat Berolahraga di Pagi Hari Bagi Tubuh

Seringkali Olahraga dilupakan oleh masyarakat kita. Padatnya rutinitas sehari-hari, serta kesibukan yang sulit untuk dihindarkan membuat semangat untuk berolahraga menurun, apalagi di pagi hari. Walaupun sudah banyak orang yang mulai menyadari dan bahkan sudah merasakan betul manfaat ketika berolahraga di pagi hari. Namun tetap saja susah untuk melakukannya padahal manfaat olaraga pagi hari sangat vital perannya bagi kesehatan tubuh kita.

Kebanyakan dari kita hanya beranggapan bahwa olahraga itu menyehatkan karena memiliki peran mampu membakar kalori serta menyehatkan jantung. Padahal sebenarnya masih banyak manfaat yang bisa didapat jika kita rajin berolahraga, apalagi di pagi hari. Apa sajakah itu? berikut adalah Manfaat Berolahraga di Pagi Hari Bagi Tubuh!

Meningkatkan Kecerdasan Otak

Dengan rajin berolahraga dapat meningkatkan kecerdasan otak kita, bagaimana bisa? Sebuah Penelitian yang dilakukan Nihon Fukushi University di Handa, Jepang mengungkapkan bahwa orang yang rutin berolahraga di pagi hari memiliki intelektualitas yang tinggi. Penelitian tersebut dilakukan selama 4 bulan lamanya.

Mereka meneliti 7 orang yang masih muda dan sehat, dan kemudian 7 orang tersebut di minta untuk berlari selama 30 menit yang dilakukan 3 kali seminggu, kemudia mereka diminta untuk mengikuti serangkaian tes berbasis komputer.

Hasilnya ada peningkatan yang signifikan pada nilai yang menunjukkan tingkat kognitif dari 7 orang tersebut. Bahkan penelitian tersebut juga mengatakan bahwa dengan hasil tersebut menunjukkanadanya peningkatan kemampuan memory otak.

Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan berolahraga pagi hari di luar rumah, maka secara langsung kita akan merasakan hangatnya sinar matahari pagi yang kita tahu memiliki kandungan vitamin D yang selain baik untuk kesehatan tulang, juga baik untuk sistem kekebalan tubuh kita. Vitamin D yang didapat dari sinar matahari akan diolah menjadi antibodi yang berguna untuk menangkal berbagai macam penyakit. Seperti yang kita ketahui waktu yang tepat untuk mendapatkan sinar matahari pagi adalah sebelum Pukul 9 pagi.

Memperlambat Penuaan

Dengan sering berolahraga pagi otomatis metabolisme pada tubuh kita akan meningkat sehingga pertumbuhan sel-sel baru akan lebih cepat untuk menggantikan sel-sel tua. Pergantian sel-sel baru pada kulit kita akan membuat kita menjadi selalu terlihat awet muda.

Terhindar dari stress

Jika kita kurang berolahraga, akan membuat kita tidak semangat untuk beraktivitas namun  dengan padatnya rutinitas sehari-hari yang harus tetap kita lakukan tentu akan memicu stress. Oleh karena itu rajinlah berolahraga agar stress bisa dihindari.

Meningkatkan rasa percaya diri

Olahraga bukan sekedar melaitih fisik saja namun juga sekaligus melatih kesehatan mental juga. Mengapa demikian? Semakin sering berolahraga semakin sering juga paru-paru kita menerima asupan udara bersih yang nantinya akan diikat dalam darah.

Lebih banyak oksigen dalam darah akan membantu merangsang otak yang membantu untuk menjaga kesehatan mental, dan menyegarkan otak dan pikiran kita dengan begitu rasa percaya diri kita akan meningkat ketika kita beraktivitas sepanjang hari.

Itulah kira-kira manfaat lain dari olahraga pagi bagi tubuh. Selain tentunya untuk menjaga kesehatan, ternyata olahraga memiliki banyak manfaat lain bagi kehidupan kita. Oleh karena itu jangan lupa untuk menyempatkan berolahraga untuk kebaikan kita semua.

One thought on “Manfaat Berolahraga di Pagi Hari Bagi Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *