Luar Biasa, Inilah Inovasi Canggih dari Jepang

Jepang dikenal sebagai salah satu negara maju di dunia dan memiliki berbagai macam teknologi canggih yang ada saat ini. Ada banyak sekali inovasi canggih dari Jepang yang menjadi sebuah pelopor untuk kemajuan teknologi saat ini. Mulai dari transportasi hingga teknologi dan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang mempermudah kehidupan manusia pada era modern. Berikut ini adalah beberapa inovasi canggih yang ditemukan oleh Jepang pada masa lalu dan menjadi sebuah inovasi yang sangat bermanfaat dan membantu pada kehidupan modern saat ini.

Rice Cooker Elektrik

Untuk bisa memasak nasi saat ini tentunya bukan hal yang sulit dan dibilang sangat mudah. Kita hanya perlu memasank, menekan tombol, dan menunggunya siap dengan penanak nasi elektrik atau rice cooker. Adalah Mitsubishi yang pertama kali menemukan rice cooker ini pada tahun 1945. Dan kemudian disempurnakan oleh Toshiba pada tahun 1956 hingga menjadi rice cooker masa kini.

Handphone Dilengkapi Kamera

Jika bukan karena temuan atau inovasi dari Jepang yang satu ini, mungkin saat ini kita tidak bisa melakukan selfie atau swa foto. Pertama kali Kyocera Corporation membuat inovasi handphone yang dilengkapi dengan kamera pada tahun 2000 dengan menggunaan nama VisualPhone VP-210. Hingga saat ini sudah ada banyak nama handphone kamera sejak ditemukannya inovasi ini.

Shinkansen atau Kereta Peluru

Satu inovasi canggih dari Jepang yang cukup ikonik adalah kereta peluru atau dikenal sebagai Shinkansen. Kereta ini digunakan sebagai transportasi antar kota yang dapat mencapai kecepatan hingga 300 km/jam. Kereta ini pertama kali dibuka pada tahun 1964 dan pada saat itu digunakan untuk menyambut Olimpiade Tokyo.

Teknik 3D Printing

Teknik ini digunakan untuk mencetak gambar dengan 3 dimensi. Pada saat ini teknik ini masih menjadi fenomena yang cukup baru. Tapi ternyata pada tahun 1981, Hideo Kodama dari Nagoya Muncipal Industrial Research Institute telah menemukan teknik awal dari sebuah mesin printer 3D ini.

Emoji

Salah satu temua yang cukup menarik dan cukup membantu saat ini adalah emoji atau emoticon. Terkadang kita akan merasa sulit untuk berekspresi ketika berkirim pesan teks. Tapi dengan adanya karakter pada emoji ini membuat pesan teks lebih mudah untuk diekspresikan. Emoji ditemukan oleh Shigetaka Kurita dari perusahaan NTT DoCoMo tahun 1998.

Jadi itulah beberapa inovasi canggih dari Jepang yang saat ini sangat membantu dan bermanfaat bagi kehidupan. Bagaimana, menarik bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *