Link Debat Pilpres 2019 Tahap Pertama: Berlangsung Mendebarkan

Pada hari Kamis (17/1/2019), debat Pilpres 2019 tahap pertama berlangsung dengan diikuti oleh empat peserta. Debat Pilpres pada tahap pertama ini berlangsung di Gedung Bidakara di Jakarta. Peserta yang mengikuti debat ini adalah dua pasangan capres dan cawapres yaitu Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Moderator yang memandu acara debat Pilpres pertama ini adalah Imam Priyono dan Ira Koesno. Dalam debat pertama kali ini, tema yang akan diusung untuk didiskusikan adalah tentang penegakan hukum dan HAM, pemberatansan korupsi dan pemberantasan tindak terorisme. Debat Pilpres tahap pertama ini dimulai pada pukul 19.30 s/d 22.00.

Suasana Debat Pilpres 2019 Tahap Pertama

Pada debat Pilpres pertama yang digelar pada malam hari ini, masing-masing pasangan calon Capres-cawapres akan diberikan kesempatan untuk menyatakan opininya terkait dengan tema yang telah dipersiapkan. Yaitu mengenai penegakan hukum dan hak asasi manusia serta pemberantasan korupsi dan terorisme. Debat Pilpres 2019 tahap pertama ini berlangsung lancar dan mendebarkan dimana para capres-cawapres saling beradu pendapat terkait tema debat malam ini. Baik Joko Widodo-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga saling beradu argumen pada debat yang berlangsung. Masing-masing paslon memiliki pendapat yang berbeda mengenai bagaimana bagaimana menegakkan hukum dan HAM serta bagaimana memberantas tindak korupsi dan terorisme. Debat pertama ini dibagi menjadi 6 segmen dan berlangsung cukup menarik. Kedua kubu saling berdebat dan saling bertanya dengan tenang begitu juga dengan para pendukungnya.

Hal yang menarik pada pembahasan debat kali ini adalah dimana paslon nomor urut 01 (Jokowi-Ma’ruf) menanyakan kepada paslon 02 (Prabowo-Sandiaga) terkait dengan caleg yang dicalonkan kembali yang merupakan mantan napi korupsi berdasarkan data ICW. Pertanyaan menarik ini diperdebatkan pada sesi debat terkait pemberantasan tindak korupsi. Terkait hal ini, pihak ICW sendiri memang tidak menutupi data-data caleg yang merupakan mantan Napi Korupsi. Hal tersebut disampaikan langsung oleh koordinator ICW pada acara Tempo.co¬† yang berlangsung saat debat berlangsung. Tujuannya adalah memang agar masyarakat menggunakannya sebagai informasi untuk menentukan pilihan. Debat Pilpres 2019 tahap pertama pada malam ini ditutup dengan khidmat dengan pernyataan penutup dari masing-masing paslon. Berikut ini adalah link debat Pilpres tahap pertama di channel Youtube Tempo.co yang dapat anda saksikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *