Lebih Suka Lari Pagi, Siang, atau Sore? Ini Manfaat dan Kekurangannya

Lari menjadi olahraga yang cukup banyak disukai oleh semua kalangan. Sebab, olahraga ini sangat sederhana namun sangat banyak manfaatnya bagi kebugaran tubuh. Gerakannya pun tidak ada aturan, cukup lari baik perlahan maupun cepat.

Selain itu, tidak ada aturan kapan haru berlari. Karena pagi, siang, sore, bahkan malam pun diperbolehkan untuk melakukan olahraga ini. Salah satu manfaat yang disukai oleh semua kalangan adalah dapat mengusir lemak dan membentuk otot pada betis.

Walaupun semua waktu baik untuk melakukan lari, namun anda harus tahu manfaat dan kekurangan dari waktu-waktu tersebut.

Lari Pagi
Menugitip doktersehat.com, lari pagi adalah cara yang paling sempurna untuk memulai hari dengan berolahraga. Sebab olahraga di pagi hari dapay memberikan dosisi oksigen yang sehat pada tubuh. Manfaat lainnya yakni membuat metabolism didorong untuk membakar lebih banyak kalori.

Lari di pagi hari, tubuh anda akan menghirup kandungan oksigen yang lebih tinggi. Sehingga lebih mudah untuk bernapas terutama.
Sedangkan kekurangan lari pagi ana perlu effort yang lebih untuk memulai sejak bangun pagi, sendi mungkin masih terasa kaku, otot-otot tegang dan tidak fleksibel.

Dalam artian, tubuh tidak memiliki control dan koordinasi otot yang diperlukan untuk berlari. Maka setiap kali lari harus diawali dengan pemanasan khusus di pagi hari.

Lari Siang
Lari di siang hari ini merupakan waktu yang cukup baik. Sebab manfaat lari siang hari membuat potensi tenaga dalam tubuh saat makan siang 100 persen, tubuh tidak terlalu lelah dari aktivitas sehari-hari.

Kemudian sumber energy dipenuhi dengan baik dibandingkan dengan pagi hari dan aktivitas fisik karena kurang intens. Selain itu lari di siang hari membuat tubuh menangani latihan kecepatan.

Kekurangan lari siang terlebih setelah makan siang bisa sanat menguras tenaga. Karena tubuh membutuhkan banyak waktu untuk mencerna makanan bahkan dikhawatirkan mengalami masalah pencernaan seperti keram perut selama lari. Tips untuk menghindari masalah mencernaan dan keram perut yakni setelah makan siang anda tunggu 30 menit sampai satu jam atau disesuaikan dengan porsi.

Lari Sore atau Malam
Lari sore atau malam juga waktu terbaik untuk relaks. Terlebih jika anda yang sulit menemukan waktu untuk oleharaga kerena pekerjaan, lari sore sangat bermanfaat untuk mengendalikan tubuh dan melepas kepenatan. Karena pagi dan saing hari sudah melakukan aktivitas yang cukup maka tidak perlu untuk melakukan pemanasan.Manfaatnya dapat meningkatkan pemebakaran lemak.

Kekurangannya, olahraga sore atau malam dapat menyebabkan sulit untuk tertidur, karena tubuh anda kembali diberi energi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *