Intip Serunya Tradisi Hari Pertama Masuk Sekolah di 6 Negara

Hari pertama masuk sekolah merupakah hari bersejarah bagi semua siswa di sekoah. Semua kegiatan dilakukan secara riang gembira untuk menyambut hari baru. Tidak hanya siswanya saja namun orang tua murid, dan para guru pun sibuk memberikan pelayanan terbaik di hari pertama masuk sekolah.

Indonesia sendiri memiliki tradisi istimewa di hari pertama masuk sekolah, yakni mendampingi dan mengantar anak di hari pertama sekolah. Ini merupakaan imbauan Menteri Pendidikan sejak beberapa waktu lalu dan dirutinkan sampai hari ini. Adapun tradisi beraangkat sepagi mungkin   hanya untuk berebut bangku deretan paling depan. Hal ini kerap terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, di negara lain pun memiliki tradisi unik. Intip serunya tradisi hari pertama masuk sekolah di enam negara berikut.

Rusia

Hari pertama masuk sekolah jadi hari yang paling penting bagi seluruh siswa baru di Rusia. Karena di negera ini memiliki tradisi penyambutan yang unik. Sekolah akan mengadakan upacara akan mengadakan upacara penyambutan siswa baru beserta keluarga.

Para siswa akan mengenakan pakaian terbaik dan membawa bunga untuk para guru. Kemudian salah satu siswa baru kelas 1 akan naik ke pundak kakak kelasnya dan mumatari halaman sekolah sambil membunyikan lonceng sekolah. Sementara para orang tua menyemangati sambil bertepuk tangan.

Jerman

Hari pertama masuk sekolah di Jerman disebut dengan Einschulung. Tradisi ini dilakukan anakn kelas 1 SD. Ketika hari pertama masuk sekolah, mereka akan menerima tas berbentuk kerucut bernama schultute (tas sekolah). Dalam tas tersebut terdapat permen, hadiah, dan perlengkapan sekolah. Kemudian tas tersebut pun akan dikumpulkan kembali dan digantungkan di langit-langit kelas untuk mengingat dan memberikan pemahaman kepada murid baru bahwa sekolah itu menyenangkan.

Jepang

Sekolah di Jepang akan memulai hari pertamanya setiap 1 April. Karena saat itu ditetapkan sebagai symbol dari mekarnya bunga sakura. Musim semi dimulai dan murid baru tersebut dipercaya bagai bunga sakura sebagai harapan bangsa. Tradisi unik lainnya pada hari pertama masuk sekolah yakni dengan perayaan. Di mana para kerabat memberi hadiah pada murid baru. Adapun hadiah utama yakni tas kotak (randoseru) dan hadiah lainnya meja belajar bru di dalam rumah.

Cina

Tradisi hari pertama masuk sekolah di Cina, murid baru berkumpul di lapangan lalu kepala sekolahh memberikan pidato sambutan selamat datang. Kemudian para murid akan mengambil janji siswa. Tidak hanya itu, ada upacara penerimaan murid yang unik. Yakni dengan cara sujud kepada orang tua dan guru yang ada di sekolah. Tradisi ini dikenal dengan nama upacara Qi Meng (pencerahan).

Selandia Baru

Bentuk penyambutan siswa baru di Selandia Baru dengan menggunkan upacara adat suku asli Maori atau disebut Powhiri. Guru akan meneriakan panggilan semnagat datang dan kakak kelas akan menari dengan penuh semangat. Tarian tersebut diiringi tepuk tangan dan hentakan kaki. Hal ini dimaksudkan agar semua yang menyaksikan ikut ssemangat pada tahun ajaran baru yang dimulai pada Februari.

India

Berbeda dengan yang lain, di India upacara penyambutan siswa baru dengan cara menyelenggarakan pawai sekolah. siswa baru akan diajak berkeliling di lingkungan sekolah dan diiringi dengan musik dan juga balon. Penyelenggara adalah Chendamelan, yakni pertunjukan musik drum band oleh kakak kelas laki-laki dan sekolah pun akan dihias serta setiap murid baru akan dibagikan permen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *