Ini Dia, Cara Menyelamatkan Diri Ketika Terjadi Longsor

Cara Menyelamatkan Diri Saat Longsor – Bencana memang tidak bisa dielakkan dan bisa terjadi kapanpun tanpa kita manusia tahu. Akhir-akhir ini di Indonesia sering terjadi bencana seperti gunung meletus, tsunami, banjir hingga tanah longsor. Tanah longsor menjadi salah satu bentuk bencana yang kerap melanda di Indonesia. Sebab, Wilayah di Indonesia memang masih banyak terdapat bukit-bukit hingga tebing-tebing tinggi yang rawan longsor. Hampir beberapa kasus bencana tanah longsor di Indonesia memakan cukup banyak korban. Peristiwa terakhir adalah tanah longsor yang terjadi di Sukabumi, Jawa Barat. Bencana yang terjadi ini menimbulkan korban yang cukup banyak dan kerugian yang cukup besar.

Tanah Longsor di Sukabumi

Baca juga: Cara Menyelamatkan Diri Dari Tsunami

Cara Menyelamatkan Diri Saat Longsor

Terkadang, tanah longsor kerap ditandai dengan bunyi gemuruh namun beberapa kasus juga terjadinya tanah longsor secara tiba-tiba. Untuk menyelamatkan diri dari tanah longsong ini, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Apa saja?

  • Lakukan Evakuasi

Terkadang, peringatan akan terjadinya tanah longsor sering diberitahukan terutama di kawasan rawan longsor dan pada saat cuaca hujan. Ketika terdapat peringatan ini, sebaiknya segera bergegas untuk melakukan evakuasi sehingga tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika nanti tiba-tiba terjadi tanah longsor.

  • Langsung Menyingkir

Jika terjadi tanah longsor ringan, tentu saja tidak akan terlalu membahayakan karena kita bisa segera meninyingkir dengan mudah. Oleh karena itu jika terjadi tanah longsor ringan, sebaiknya segeralah menyingkir ke tempat lebih aman. Berhati-hati saat melangkah dan segera mencari tempat yang aman.

  • Waspada Ketika Banjir atau Hujan Deras

Tanah longsor kerap memiliki hubungan erat dengan hujan lebat dan banjir. Oleh karena itu ketika sedang terjadi hujan lebat dan banjur, tetaplah waspada. Terlebih lagi jika tinggal di daerah perbukitan atau tebing. Hujan lebat dan banjir sering menyebabkan longsor. Akan lebih baik jika sementara tinggalkan tempat tersebut agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

  • Melindungi Diri

Dalam beberapa kondisi, mungkin seseorang mungkin terjebak saat sedang terjadi tanah longsor. Jika sudah seperti ini tentu saja langkah yang paling tepat adalah dengan melindungi diri. Saat terjebak longsor, posisikan diri dalam posisi menggulung. Tekuk bahu ke bawah dan posisikan dahi menyentuh lutut. Posisi ini akan membantu untuk melindungi diri terutama kepala ketika terjebak longsor.

Jadi seperti itulah cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan diri saat longsor. Bagi anda yang tinggal di daerah rawan longsor terutama perbukitan, sebaiknya selalu waspada terutama saat musim hujan seperti ini. Langkah yang tepat akan dapat menyelamatkan diri saat longsor terjadi dan dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *