Hewan Terancam Punah di Dunia, Ada dari Indonesia

Hampir sebagian besar dari kita tentu sudah tau jika dulunya ada hewan-hewan seperti dinosaurus yang saat ini sudah punah. Hewan tersebut memang sudah ada jutaan tahun yang lalu dan sudah tidak ada lagi atau punah. Tapi saat ini, ada beberapa hewan terancam punah di dunia yang tentu saja wajib kita lindungi dan lestarikan. Populasi hewan-hewan ini sudah sangat sedikit bahkan hanya berjumlah puluhan individu saja di dunia. Maka dari itu harus ada upaya untuk menjaga dan melestarikan hewan-hewan tersebut. Seperti misalnya badak jawa yang sudah semakin berkurang populasinya bahkan kurang dari 100 ekor.

Ada banyak spesies hewan yang sudah semakin sulit ditemukan dan sudah hampir punah jika tidak segera dilakukan langkah pelestarian. Ada banyak faktor yang menyebabkan hewan-hewan ini mengalami kepunahan salah satunya adalah karena ulah manusia yang melakukan perburuan sampai mengambil alih habitat tempat tinggal hewan tersebut. Hingga saat ini masih dilakukan tindakan untuk terus melestarikan hewan-hewan tersebut. Berikut ini adalah beberapa hewan terancam punah di dunia yang juga beberapa terdapat di Indonesia.

Badak Jawa

Badak Jawa merupakan salah satu dari sekian banyak hewan yang terancam punah yang merupakan binatang endemik dari Indonesia. Populasinya saat ini kurang dari 100 ekor. Salah satu hal yang membuat populasi badak Jawa ini terancam punah adalah karena perburuan liar untuk mendapatkan culanya serta habitat yang semakin berkurang.

Lemur Northern Sportive

Hewan ini tinggal di wilayah utara Madagaskar dan jumlahnya sudah semakin sedikit. Populasi yang tersisa hanya sekitar kurang lebih 50 ekor. Faktor yang menyebabkan semakin berkurangnya populasi hewan ini adalah karena pohon yang menjadi tempat tinggalnya banyak ditebang oleh manusia.

Harimau Sumatera

Nama ilimahnya adalah Panthera Tigris Sumatrae yang hidup di hutan kawasan Sumatera. Hingga saat ini, jumlah harimau ini semakin berkurang dan hanya tersisa kurang dari 400 ekor saja. Penyebabnya tentu saja karena habitatnya semakin berkurang.

Cao-Vit Gibbon

Cao-Vit Gibbon atau Nomascus Nasutus adalah sejenis kera yang tinggal di pegunungan perbatasan Tiongkok dengan Vietnam. Jumlah hewan ini sudah semakin berkurang dan hanya tersisa kurang lebih 150 ekor saja. Penyabab punahnya hewan ini adalah karena perburuan liar.

Vaquita

Vaquita adalah mamalia air yang memiliki nama ilmiah Phoconea Sinus atau sejenis pesut. Hewan ini bisa dibilang sebagai mamalia air yang paling terancam punah. Jumlahnya di alam liar hanya mencapai sekitar 30 ekor saja yang terdapat di Teluk California.

Itulah beberapa hewan terancam punah di dunia. Semoga kedepannya ada banyak upaya yang bisa kita lakukan untuk menjaga habitat mereka dan bisa melestarikan populasinya. Jadi populasinya dapat bertambah dan tidak lagi terancam kepunahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *