Hewan Dengan Usia Terpendek, Ada Yang Berusia Hanya 24 Jam

Ada banyak sekali jenis-jenis hewan yang tinggal di bumi ini dan masing-masing memiliki siklus kehidupan tersendiri. Rata-rata hewan memiliki usia hidup yang cukup panjang hingga puluhan tahun. Tapi ternyata ada juga beberapa hewan dengan usia terpendek. Bahkan beberapa diantaranya hanya dapat hidup kurang lebih satu hari atau 24 jam saja. Penasaran hewan apa sajakah mereka? Berikut ini adalah daftar hewan-hewan yang memiliki usia hidup yang sangat pendek yang perlu untuk diketahui.

Mayfly

Hewan pertama yang memiliki usia paling pendek adalah Mayfly. Hewan ini hanya memiliki masa hidup 24 jam saja dan hidup untuk bereproduksi kemudian mati. Bahkan ada beberapa Mayfly yang hidupnya kurang dari 24 jam dan hanya dapat hidup sekitar 10 jam saja. Setidaknya ada kurang lebih 1.500 jenis Mayfly yang hidup saat ini dan memiliki masa hidup yang cukup singkat.

Gastrotrichs

Hewan kedua yang memiliki usia kehidupan yang sangat singkat adalah Gastrotrich yang hidup di air dan biasanya hidup mengikuti arus air. Hewan ini berukuran sangat kecil sekitar 3 milimeter dan transparan. Usia maksimal dari mikroorganisme ini adalah sekitar 3 hari saja.

Semut Drone

Berikutnya hewan dengan usia terpendek yang ketiga adalah semut drone. Semut ini biasanya hanya hidup maksimal 3 minggu saja. Bahkan biasanya bisa lebih pendek ketika semut ini sudah kawin dengan semut betina. Tugas utama dari semut ini adalah memang untuk bereproduksi dengan semut betina dan setelah itu umurnya bisa lebih pendek kurang dari 3 minggu saja.

Lalat

Hewan berikutnya adalah lalat yang hanya hidup hingga 4 minggu saja. Lalat menjadi hewan yang sangat tidak disukai oleh hampir semua orang karena dikenal sering berada di tempat-tempat kotor dan kerap hinggap pada makanan. Meskipun lalat memiliki umur yang sangat pendek, lalat dapat menghasilkan telur yang sangat banyak untuk berkembang biak.

Capung

Hewan dengan usia terpendek yang terakhir adalah capung. Ada banyak jenis capung yang saat ini sudah teridentifikasi dan mereka memiliki usia yang sangat pendek. Capung hanya dapat hidup hingga 4 bulan saja. Usia capung juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan seperti iklim dan juga predator pemangsa capung.

Itulah beberapa hewan yang memiliki usia terpendek di dunia. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *