Hati-hati, 3 Bahan Makanan Enak Ini Ternyata Beracun!!

Makan merupakan suatu kebutuhan pokok bagi setiap orang di dunia ini agar tetap bisa hidup sehat dan segar. Bukan tanpa alasan, tanpa makan maka manusia pun tidak memiliki tenaga yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai aktivitasnya. Tidak hanya sekedar makan, kita juga wajib memperhatikan kandungan zat bahan makanan yang akan kita makan. Bukan tanpa alasan, jika kita asal-asalan dalam memilih bahan makanan yang kita konsumsi bisa saja kita justru keracunan. Pasalnya, ada beberapa bahan makanan sehari-hari yang sebenarnya memiliki kandungan racun di dalamnya jika diolah secara tidak benar. Bahan makanan beracun tersebut tentu tidak baik jika masuk ke dalam tubuh kita dan bisa mendatangkan beragam penyakit.

Untuk itulah, mengetahui beragam bahan makanan yang bisa menjadi racun di dalam tubuh merupakan sesuatu yang sangat penting bagi Anda. Terlebih lagi jika Anda merupakan ibu rumah tangga yang senantiasa menyiapkan olahan masakan untuk keluarga. Tentu Anda tidak ingin anggota keluarga Anda keracunan hanya karena Anda salah memilih bahan makanan beracun yang Anda olah. Baiklah, tidak usah berlama-lama mari kita simak beberapa ulasannya di bawah ini.

Tuna

Siapa sangka, ikan tuna yang merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia ini rupanya juga bisa menjadi bahan makanan beracun. Ikan tuna memang diketahui memiliki beragam manfaat yang bisa didapatkan ketika dikonsumsi seperti kandungan proteinnya yang tinggi. Selain itu, ikan tuna juga memiliki daging yang tebal dan empuk yang membuatnya sangat nikmat untuk diolah menjadi bahan masakan yang lezat.

Namun, Anda perlu berhati-hati ketika membeli ikan tuna yang akan Anda olah menjadi masakan. Pasalnya, tercemarnya laut dengan limbah merkuri juga bisa mempengaruhi andungan merkuri di dalam ikan tuna. Sehingga, ketika Anda membeli ikan tuna pastikan tuna tersebut benar-benar segar dan tidak terpapar dengan limbah merkuri.

Ubi Kayu

Seperti namanya, bahan masakan yang satu ini merupakan bahan makanan yang berasal dari jenis umbi-umbian. Sama seperti umbi-umbian lainnya, bahan makanan ini biasanya hidup di dalam tanah. Namun berbeda dengan singkong yang aman untuk dikonsumsi, ubi kayu justru membutuhkan treatment khusus ketika Anda akan mengolahnya. Pasalnya, ubi kayu ini memiliki kandungan zat berbahaya yang dapat membuat tubuh keracunan.

Kentang

Kentang juga bisa menjadi salah satu jenis bahan makanan beracun yang mungkin tanpa Anda sadari sering Anda konsumsi. Ya, kentang memang menjadi salah satu bahan makanan yang sangat dekat degan kehidupan dan banyak diolah menjadi beragam makanan lezat. Namun yang perlu diperhatikan ketika Anda akan mengolah kentang adalah olahlah kentang yang sudah benar-benar tua atau matang.

Pasalnya, kentang muda yang masih hijau memiliki kandungan racun bernama glykoalkaloids yang jika dikonsumsi bisa membuat Anda pusing, kram hingga bahkan kematian. Kandungan zat pada kentang mentah ini sendiri sama halnya seperti yang ada pada buah kecubung yang kerap kali disalah gunakan untuk mendapatkan efek pusing. Kasus keracunan kentang muda ini sendiri sempat terjadi pada tahun 1899 di mana tidak kurang dari 56 tentara Jerman yang sedang berperang mengalami keracunan masal.

Nah, demikianlah beberapa bahan makanan beracun yang mungkin saja ada di dapur rumah Anda dan sering Anda konsumsi tanpa disadari. Dengan mengetahui beberapa hal tersebut, kini Anda bisa memilah dan memilih bahan makanan yang benar-benar sehat dan aman dikonsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *