Gunung Merapi Meletus, Kolom Abu Setinggi 3000 Meter

Sendoksayur.co.id – Gunung Merapi kembali meletus pada Senin (14/10/2019) pukul 16.31 WIB. Merapi mengeluarkan awan panas dengan kolom setinggi kurang lebih 3000 meter dari puncak.

Berdasarkan informasi dari Balai Pendidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) yang ditulis akun twitter resmi @BPPTKG menyebutkan awan panas terekam di seismogram dengan durasi 270 detik dan amplitude 75 mm.

“Terpantau kolom setinggi kurang lebih 3000 meter dari puncak. Angin bertiup kea rah Barat Daya,” tulis akun @BPPTKG dengan diakhiri dengan hastag #statuswaspada.

Pusat Vulkano dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengatakan kolom abu di atas puncak Merapi teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitias sedang hingga tebal condong ke arah Barat Daya.

“Asap dari puncak Merapi itu, meluncur ke atas sekitar 30 menit setelah dua kali mengeluarkan suara gemuruh,” kata Tumar salah seorang warga setempat, seperti dikutip Antara.

Selain itu, warga juga melihat kepulan asap dari puncak merapi kemudian kembali bersih atau hilang setealh 40 menit kembali dan kondisi normal.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, edy Susanto, hujan abu terpantau di enam kecamatan. Diantaranya di Kabupaten Magelang yang terpapar hujan abu Merapi yakni Srumbung, Dukun, Salam, Sawangan Muntilan, dan Mungkid.

Perlu diketahui, status Gunung Merapi tetap di level II atau waspada.Rekomendasi jarak bahaya 3 km dari puncak. Masyarkat pun diimbau untuk tetap waspada bahaya lahar, terutama saat hujan di sekitar Merapi atau gangguan akibat abu vulkanik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *