Gempa Magnitundo 5.3 Goncang Aceh Barat

Gempa bumi kembali terjadi di negara tercinta Indonesia. Kali ini gempa terjadi di wilayah Barat Indonesia yaitu di Aceh. Gempa Aceh terjadi para sekitar pukul 11.29 siang ini hari Kamis 18 Oktober dengan. Gempa bermagnitundo 5.3 ini terjadi di Aceh Barat. Pusat gempa terjadi di laut pada kedalaman 10 km berjarak sekitar 30 km dari pusat Kabupaten Aceh Barat dengan lokasi 4,72 Lintang utara dan 96,21 bujur timur. Meskipun gempa ini cukup besar, gempa ini tidak menimbulkan kepanikan yang berarti bagi warga Aceh. Bahkan beberapa warga mengaku tidak merasakan gempa ini dan tetap menjalankan aktifitasnya dengan normal pada hari ini.

Dampak dari gempa Aceh ini pun juga tidak begitu besar karena tidak merusak bangunan-bangunan dan tidak menimbulkan kepanikan warga. Hanya saja selang beberapa menit, listrik di kawasan Meulaboh padam. Sama sekali tidak ada bangunan yang rusak akibat dari gempa di Aceh ini dan warga pun tetap beraktifitas seperti biasanya. Gempa berkekuatan 5.3 ini dirasakan di beberapa wilayah di Aceh seperti di Bireun, Lhokseumawe, Calang, Meulaboh, dan di Aceh Tengah. BMKG menyebutkan jika gempa yang terjadi pada siang tadi tidak menimbulkan tsunami.

Seperti yang kita tahu jika beberapa tahun lalu Aceh pernah mengalami bencana gempa bumi yang dahsyat disusul dengan tsunami yang besar. Bencana yang terjadi pada tahun 2004 lalu menrenggut banyak sekali korban. Banyak orang yang meninggal akibat bencana ini dan masih ada beberapa yang hilang dan belum diketemukan. Gempa yang mencapai 9.1 skala richter ini memicu tsunami setinggi 30 meter yang menghempas Aceh. Beberapa pesisir negara tetangga pun terkena dampak dari tsunami yang terjadi saat itu seperti Thailand, India, Srilanka dan bahkan selang beberapa jam gelombang tsunami hingga mencapai Afrika. Banyak sekali korban yang berjatuhan pada saat hinggu mencapai ratusan ribu korban jiwa. Namun saat ini Aceh sudah membangun kembali kehidupan yang sangat baik setelah kejadian besar saat itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *