Fenomena Embun Salju, Suhu Dingin Dieng Tembus Minus 9 Derajat

Sendoksayur.co.id – Fenomena embun salju di dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah bukan hal baru. Karena tahun sebelumnya pun sempat viral dan menjadi bahan perbincangan masyarakat Indonesia. Wilayah Dieng sendiri memang terkenal dengan udara dinginnya ditambah dengan masuknya musim kemarau, suhu dingin pun tembus hingga minus 9 derajat celcius.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan fenomena embun salju atau suhu dingin di dataran tinggi Dieng terjadi karena adanya variasi musiman suhu di periode musim kemarau yang dipengaruhi angina monsoon Australia, serta topografi di wilayah tersebut. Sehingga kurangnya tutupan awan menyebabkan radiasi balik gelombang panjang pada saat malam hari semakin kuat dan lebih banyak dilepas langsung ke atmosfer.

“Akibatnya permukaan tanah dan atmosfer bagian bawah lebih cepat mendingin, bhakan hingga di bawah titik beku nol derajat yang menciptakan fenomena embun beku,” ujar Kepala Bagian Hubungan Masyarakat BMKG, Akhmad Taufan Maulan di Jakarta seperti dikutip viva.co.id, Senin (1/7/2019).

Namun masyarakat Indonesia merespon positif terhadap adanya fenomena embun salju tersebut. Fenomena ini menjadi ajang rekreasi dengan sesasi yang berbeda. Wilayah tropis hanya memiliki dua musim yakni musim hujan dan kemarau berbdeda dengan negara eropa yang memili empat musim setiap tahunnya. Sehingga masyarakat berbondong-bondong mengunjungi Dieng hanya untuk menikmati salju di wilayah tropis.

Perlu diketahui, berdasarkan hasil mengecek kondisi cuaca Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah via Google pada Rabu (3/7/2019) pukul 06.00 suhu sekitar 9 derajat celcius. fenomena embun salju di tanah Jawa ini diperkirakan akan berlangsung hingga Agustus mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *