Fakta Menarik Ice Cream, Sudahkah Kamu Tahu?

Ice cream menjadi salah satu jenis kudapan yang sangat populer dan menjadi favorit bagi hampir sebagian besar orang. Rasanya yang manis dan juga dingin menyegarkan membuat kudapan ini sangat digemari bahkan oleh anak-anak. Ternyata dibalik lezatnya ice cream, ada beberapa fakta menarik ice cream yang mungkin jarang orang ketahui bahkan oleh para penggila ice cream sekalipun. Penasaran kan apa saja fakta-fakta terkait dengan ice cream ini. Berikut ini adalah beberapa fakta yang menarik yang perlu kamu tahu tentang ice cream.

Sudah Ada Sejak Zaman Kuno

Mungkin pada saat itu, belum bisa dikatakan sebagai ice cream akan tetapi memiliki kemiripan dengan ice cream saat ini. Pada zaman Romawi Kuno dan China, dibuat kudapan yang berupa campuran salju dengan buah ataupun madu atau juga susu. Sehingga mungkin sekilas nampak seperti ice cream.

Ice Cream Sundae

Awalnya terdapat es krim soda lalu kemudian pada tahun 1881 seorang bernama George Hallauer meminta Edward Banners menggantinya dengan saus coklat. Kemudian es krim ini dijual pada hari minggu, namun lama kelamaan es krim ini banyak diminati sehingga hampir setiap hari dijual. Inilah awal mula ice cream sundae tercipta.

Waffle Cone Ice Cream

Fakta menarik ice cream yang berikutnya adalah terciptanya cone ice cream. Awalnya ice cream dibungkus dengan menggunakan cone atau gelas plastik tidak seperti sekarang ini yang lebih menarik dan nikmat menggunakan cone waffle. Cone waffle ditemukan dengan tidak sengaja pada saat penjual es krim kehabisan wadah es krim nya disebuah acar World’s Fair. Beruntung di sebelah kedainya terdapat penjual waffle dan kemudian muncullah ide untuk mengganti cone plastik dengan waffle berbentuk kerucut. Kemudian jadilah waffle cone yang khas hingga saat ini untuk menyajikan ice cream.

Makanan yang Mewah

Dulu ice cream dianggap sebagai makanan yang mewah sebelum tahun 1900. Ice cream dulu hanya dapat dinikmati oleh orang-orang kalangan atas karena hanya merekalah yang mampu membeli bahan kulkas. Dan lagi saat itu es krim belum dijual di toko-toko seperti saat ini.

Ice Cream Coklat

Mungkin tidak banyak yang tahu jika ternyata ice cream rasa coklat adalah yang pertama kali ditemukan. Jika dibandingkan dengan vanilla, ice cream dengan rasa coklat ditemukan terlebih dahulu.

Resep Coklat yang Aneh

Tahukah kamu jika dulu pernah ada resep ice cream yang mungkin sangat aneh dan malah menjijikan? Iya, pada tahun 1668 terdapat resep es krim yang mana bahannya menggunakan ambergris. Ambergris adalah sesuatu yang berasal atau keluar dari anus paus sperma yang memiliki bau super busuk. Resep ini ditulis oleh Lady Anne Fanshawe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *