Empat Negara ini punya Perayaan Unik di Hari Kemerdekaan

Hari kemerdekaan menjadi hari paling mengembirakan. Pasalnya seluruh rakyatnya akan haru biru dan bangga atas perjuangan yang telah membuahkan hasil yang baik. Merdeka, satu kata yang diinginkan oleh rakyat di seluruh dunia.

Setelah merdeka, hari kemerdekaan atau bebasnya dari penjajah secara rutin diadakan peringatan atau upacara peringatan. Namun ternyata di beberapa negara memiliki perayaan yang unik dan seru di hari kemerdekaan.

Indonesia

Hari kemerdekaan Indonesia diperingati setiap 17 Agustus, diawali dengan upacara bendera pusaka di seluruh nusantara dan perayaan unik. Perayaan unik ini diantaranya Panjat Pinang, Balap Karung, Pukul Kendi, Bakiak, dan hal seru lainnya.

Pastinya setiap wilayah memiliki ciri khas dan kemasan yang berbeda. Namun semua peryaan tersebut sangat seru dan asik untuk merjaut kekompakan.

Satu lomba perayaan yang setiap wilayah pasti ada, yakni panjat pinang. Sepertinya panjat pinang menjadi ikon perayaan di Indonesia karena di dalamnya penuh perjuangan dan membutuhkan kekompakan peserta. Di mana peserta akan memanjat pinang atau bisa diganti dengan bambu yang telah berlumur minyak.

Ghana

Masyarakat Ghana akan memperingati atau melakukan perayaan kemerdekaan pada 6 Maret. Perayaan seru diantaranya menyalakan kembang api, parade, dan pawai.

Perayaan unik lain negara di Benua Afrika ini yakni adanya pertunjukan musik dan tari di area pantai. Tradisi hip hop ala Afrika Barat juga turut memeriahkan suasana. Sebuah perlombaan khas di hari nasional mereka terletak di desa pemancingan Shama.

Prancis

Hari Kemerdekaan Prancis diperingati pada 14 Juli, Adanya parade militer digelar di Champ Elysees. Tradisi memperingati hari kemerdekaan dengan parade militer di berbagai negara awalannya berasal dari Prancis.

Hal unik lainnya dalam perayaan hari kemerdekaan, rakyat Prancis punya tradisi yakni markas pemadam kebakaran di buka untuk umum. Sehiangga warga bisa mengunjungi dan berpesta.

India

Jika di India, hari kemerdekaan di peringati pada 15 Agustus. Setiap tahun, masyarakat India memperingati hari sejahnya di semua tempat baik di rumah, sekolah, kantor, maupun di tempat umum dengan hiasan warna bendera India.

Seluruh keluarga di rumah merayakan dengan menonton upacara bendera yang disiarkan langsung di Red Fort, New Delhi. Kemudian dilanjut dengan perayaan unik yakni menerbangkan laying-layang sebagai simbol kemerdekaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *