Cara Merawat Gigi Agar Tetap Sehat

Gigi merupakan bagian tubuh yang cukup mempengaruhi manusia. Selain berfungsi untuk mengunyah makanan juga membantu dalam berbicara. Tak hanya itu, gigi pun menjadi bagian yang pasti diperhatikan oleh lawan bicaranya. Sehingga pemiliknya harus pintar merawat giginya agar tetap sehat sehingga nyaman dipandang.

Merawat gigi agar tetap sehat ini sangat penting karena gigi memiliki peran yang  penting dalam kehidupan manusia. Terlepas dari fungsinya, gigi yang bersih dan sehat sangat didambakan  semua orang. Karena mempengaruhi penampilan  seseorang. Jika giginya sehat dan bersih maka auranya akan terpancar ketika senyum dan lawan bicara akan sangat senang. Sebaliknya jika gigi kotor dan bau mulut, mungkin orang akan sedikit jaga jarak dan merasa tidak nyaman.

Lantas bagaimana, agar gigi tetap sehat dan tidak bau mulut? Tenang, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan dengan cara mudah dan tidak mengganggu aktivitas. Berikut 5 cara merawat gigi agar tetap sehat.

Rajin Menyikat Gigi Dua Kali Sehari

Ini bagian yang sangat penting dan wajib kamu lakukan. Selain sebagai langkah awal untuk merawat dan menjaga gigi tetap sehat, cara melakukannya pun sangat mudah. Cukup sikat gigi dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur. Ini rutinitas yang manjur untuk menjaga gigi tetap sehat dan kinclong.

Dengan menyikat gigi, sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi akan terangkat. Jika ingin mendapat manfaat lebih dari menyikat gigi, kamu bisa memilih pasta gigi yang cocok. Semisal gigi sensitive maka harus menggunakan pasta gigi khusus agar gigi dan gusi tetap sehat dan mulut terasa segar.

Ganti Sikat Gigi Secara Rutin

Terkadang sering terlupakan bahwa bau mulut atau gigi tidak sehat pun karena faktor sikat gigi. Usahakan mengganti sikat gigi maksimal 3-4 bulan sekali. Karena bulu sikat gigi yang lembut jika dipakai rutin setiap hari akan cepat usang. Sehingga saat menyikat gigi tidak maksimal membersihkan ke seluruh sela-sela gigi.

Sikat gigi yang usang pun rentan terhdap pertumbuhan bakteri dan jamur.  Sehingg dikhawatirkam akan menyebabkan bakteri masuk ke dalam tubuh dan mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut.

Gerakan Sikat Gigi

Ternyata gerakan menyikat gigi pun berpengaruh lho, bagi kesehatan gigi. Jadi harus dipahami juga gerakan vertical atau horizontalnya. Kebanyakn orang pasti mengalami kan, gusi berdarah saat menyikat gigi? Ini lah salah satu kamu tidak memperhatikan gerakan menyikat gigi. Karena udah dapat pengetahuan baru, yuk praktekan gerakan menyikat gigi yang benar.

Hindari Makanan yang Membuat Gigi Kuning dan Berlubang

Ini mungkin yang sering diabaikan oleh kebanyak orang. Karena beberapa jenis makanan yang bisa mengakibatkan gigi kuning dan berlubang biasanya yang sering dikonsumsi. Makanan tersebut diantaranya kafein, gula, dan rokok.

Walaupun pada hakekatnya manusia memiliki warna gigi yang beragam yakni putih, kuning, atau sedikit gelap. Namun tidak ada salahnya untuk menjaga kesehatan gigi, tips ini bisa dilakukan. Bagaimana kalau sudah terlanjur mengkonsumsi? Mudah saja, setelah mengkonsumsi kamu bisa sikat gigi atau sekedar kumur-kumur.

Kunjungi Dokter Gigi

Ketika cara di atas sudah dilakukan semua, untuk memaksimalkan agar gigi tetap sehat yakni dengan mengunjungi dokter gigi secara berkala, setidaknya 1-3 bulan sekali. Masalah gigi ini cukup serius maka konsultasikan segala keluhan yang dialami kepada dokter. Agar kesehatan gigi anda terpantau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *