4 Langkah Panduan Berhenti Merokok

Merokok mungkin sudah menjadi hal yang biasa dan menjadi kebiasaan bagi sebagian masyarakat Indonesia. Meskipun seperti yang sudah diketahui, merokok ini memiliki akibat atau efek yang tidak baik untuk kesehatan, nyatanya tetap saja banyak orang yang tetap merokok. Namun, dengan beragam efek yang ditimbulkan bagi kesehatan, tidak sedikit pula orang yang sudah kecanduan rokok ingin berhenti dari kebiasaannya tersebut. Meskipun cara berhenti merokok bagi yang sudah kecanduan ini tidaklah mudah, namun tentu tetap ada jalan jika Anda mau berusaha.

Ya, untuk mengehantikan kebiasaan merokok bagi mereka yang sudah kecanduan memang bukanlah hal yang mudah. Bahkan, proses atau tahapan untuk bisa terlepas dari rokok bagi mereka yang sudah terbiasa bisa membutuhkan waktu yang panjang. Bukan tanpa alasan, merokok yang sudah menjadi kebiasaan dan menjadi candu memang akan sangat sulit dilepaskan. Bagi orang yang terbiasa merokok, sehari tanpa sebatang rokok pun akan terasa begitu menyiksa. Nah, beberapa cara berhenti merokok di bawah ini mungkin bisa Anda praktekan jika Anda ingin berhenti dari kebiasaan merokok.

Kuatkan Niat Berhenti Merokok

Ketika Anda akan melakukan hal apapun, yang harus pertama kali Anda miliki tentunya adalah niat yang penuh keyakinan. Ya, dalam memulai terapi berhenti merokok Anda pun juga harus memiliki niat yang kuat. Proses Anda terbebas dari rokok ini bukanlah hal yang mudah dilalui, untuk itu Anda perlu memiliki niat yang kuat untuk melakukannya. Terlebih lagi biasanya pada 2 minggu pertama ketika Anda mulai menjauh dari rokok akan ada banyak godaan maupun dorongan dari dalam diri Anda untuk kembali ke kebiasan merokok. Disinilah, kekuatan niat awal Anda untuk behenti merokok akan teruji.

Langsung Berhenti dan Jangan Tanggung-Tanggung

Cara berhenti merokok yang selanjutnya jika Anda sudah memiliki niat yang kuat, maka mulailah untuk menjauh dan berhenti merokok sama sekali. Hal ini mungkin akan sangat berat bagi Anda yang sudah sangat terbiasa dengan batang rokok dimulut Anda setiap jamnya. Namun, cara ini harus Anda lakukan jika memang Anda ingin benar-benar berhenti. Pasalnya, terkadang banyak orang yang salah ketika ingin berhenti merokok dengan melakukannya secara perlahan atau bertahap. Hal ini mungkin tidak terlalu menyiksa bagi Anda tapi dengan cara tersebut Anda justru akan lebih sulit untuk terlepas dari jerata rokok.

Cari Pelarian

Istilah pelarian mungkin sering disangkut pautkan ketika Anda mengalami putus cinta dan mengalami sakit hati yang sangat berat. Di mana, biasanya secara naluri Anda akan mencari sosok yang bisa mengobati sakit hati Anda karena kepergian seseorang. Nah, hal ini berlaku pula dalam cara berhenti merokok yang efektif dan efisien. Di mana, ketika Anda merasakan kangen pada rokok yang biasa Anda hisap setiap hari, Anda bisa menggantikannya dengan kebiasaan lain. Misalkan, ketika Anda sedang ingin merokok Anda gantikan dengan menghisap permen atau memakan buah-buahan yang justru jauh lebih menyehatkan.

Jangan Pernah Kembali

Ketika Anda sudah mulai bisa lepas dari jeratan rokok yang candu, jangan penah sekali-kali Anda mencobanya kembali walaupun hanya satu batang. Pasalnya, ketika Anda kembali mengihaspnya Anda akan merasakan ketagihan yang justru akan membawa Anda kembali ke kebiasaan lama yang sudah Anda tinggalkan. Untuk itulah, yakinkan diri Anda dan aturlah mindset Anda jika rokok tidak enak dan Anda tidak ingin mencobanya kembali.

Demikian beberapa cara berhenti merokok yang bisa Anda praktekan jika Anda ingin terlepas dari jeratan canduan rokok. Meskipun tidak semudah membalikan telapak tangan, dengan niat yang kuat maka Anda akan bisa melalui tahapan-tahapan tersebut dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *