2 Cara Ampuh Menghilangkan Amis Pada Ikan

Ikan merupakan salah satu bahan masakan yang cukup menjadi favorit banyak masyarakat Indonesia untuk diolah menjadi makanan yang lezat. Selain rasanya yang lezat, ketersediaan ikan di Indonesia yang notabene negara kepulauan merupakan suatu hal yang membuatnya mudah didapatkan. Tidak mengherankan jika akhir-akhir ini pemerintah pun cukup gencar mengkampanyekan masyarakat untuk beralih dari daging merah ke ikan sebagai sumber protein utama. Ya, selain lezat dan mudah didapatkan ikan juga memiliki manfaat yang sangat banyak bagi tubuh kita ketika dikonsumsi. Sayangnya, ada satu hal yang kerap menjadi keluhan saat mengolah ikan yakni susahnya cara menghilangkan bau amis ikan.

Bau amis yang terdapat pada berbagai jenis ikan khususnya ikan laut memang begitu tajam dan membuat banyak orang kesulitan untuk menghilangkannya. Bahkan, tidak jarang pula bau amis tersebut masih saja ada meskipun ikan sudah diolah menjadi masakan. Padahal jika Anda mengetahui caranya, menghilangkan bau amis ikan bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Bagi Anda yang kerap menjadikan ikan laut sebagai olahan makanan, tentu wajib mengetahui cara menghilangkan bau amis ikan yang ampuh dan mudah menggunakan bahan alami seperti di bawah ini.

Menggunakan Buah dan Daun Jeruk Purut

Cara menghilangkan bau amis ikan yang pertama ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda ibu rumah tangga yang kerap memasak ikan. Ya, buah dan daun jeruk purut memang menjadi salah satu bahan yang terbukti mampu menetralisir bau anyir atau amis pada ikan khususnya ikan laut. Cara menghilangkan amis ikan dengan jeruk purut inipun sangat mudah, Anda hanya perlu mencuci ikan yang akan Anda olah hingga bersih dan kemudian membuang isi perutnya. Setelah itu rendam ikan tersebut pada air perasan jeruk purut dan diamkan sekitar 20 menit.

Agar bau amis tersebut benar-benar hilang, Anda juga bisa meremas-remas ikan tersebut dengan menggunakan daun jeruk purut sembaru merendamnya pada air perasan jeruk purut itu sendiri. Karena merupakan bahan alami, kelebihan menghilangkan amis dengan jeruk purut adalah rasa ikan tidak akan berubah meskipun Anda merendamnya dalam waktu yang cukup lama.

Menggunakan Air Cuka

Sama halnya seperti jeruk purut yang memiliki rasa atau kandungan asam tinggi, air cuka juga bisa Anda manfaatkan dalam cara menghilangkan bau amis ikan ini. Tidak berbeda dengan cara sebelumnya, Anda juga harus mencuci dan membuang isi perut ikan hingga bersih sebelum merendamnya pada air cuka ini. diamkan antara 10-20 menit sebelum ikan kemudian diangkat dan dicuci hingga bersih.

Perlu diingat, karena kandungan asam pada cuka yang sangat tinggi, Anda hanya membutuhkan 2 sendok makan air cuka untuk menghilangkan amis pada 1 kg ikan. Di lain sisi, setelah merendam ikan pada air cuka ini, Anda juga harus mencucinya hingga benar-benar bersih agar rasa asam dai cuka tida tertinggal pada ikan yang akan di olah menjadi masakan.

Nah, demikianlah 2 cara menghilangkan amis pada ikan yang tajam khususnya ikan laut dengan mudah dan ampuh. Dengan mengetahui kedua cara di atas, kini Anda tidak perlu lagi dengan bau amis ikan yang bisa Anda hilangkan dengan sangat mudah dengan bahan-bahan di atas. Selain mudah ditemukan, cuka dan jeruk purut bisa Anda dapatkan dengan mudah di berbagai pasar tradisional dengan haga yang sangat murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *