Akhirnya, Black Box Lion Air JT-610 Ditemukan

Sebelumnya sempat diberitakan jika kotak hitam atau black box pesawat Lion Air yang jatuh di perairan Karawang sudah menunjukkan ping atau sinyal keberadaannya di laut pada kedalaman 32 meter. Pada hari Kamis, 1 November 2018 black box Lion AIr JT-610 ditemukan dan telah berhasil diangkat dari dasar laut. Penemuan ini tentu saja akan menjadi titik terang dari misteri jatuhnya pesawat baru dari Maskapai Lion Air ini. Selanjutnya kotak hitam ini akan diserahkan kepada pihak KNKT untuk diselidiki guna mencari tahu apakah penyebab dari jatuhnya pesawat Boeing Max 737 melalui rekaman percakapan pilot yang ada pada kotak hitam.

Black box ditemukan pada hari Kamis siang pada pukul 10.00 WIB pada kedalaman sekitar 30 meter oleh tim penyelam TNI yaitu Sertu Marinir Hendra Saputra. Kemudian temuan ini segera diserahkan kepada pihak KNKT. Dari penemuan ini diketahui jika kondisi dari black box atau kotak hitam miliki Lion Air yang jatuh tidak utuh. Balck box Lion Air JT-610 ditemukan dalam kondisi patah yang mana menunjukkan jika kecelakaan pada tanggal 29 Oktober lalu cukup dahsyat.

Ony Soeryono Wibowo selaku investigator Keselamatan Moda Penerbangan KNKT mengatakan jika belum bisa dipastikan apakah data yang ada dalam balck box ini dapat diselamatkan atau tidak. Akan tetapi pihak KNKT sendiri tetap berharap jika data-data yang ada didalamnya dapat diselamatkan guna mengetahui dan membongkar penyebab jatuhnya persawat terbaru dari Maskapai Lion Air tersebut.

Selain menemukan kotak hitam milik Lion Ait JT-610, para tim penyelam juga menemukan berbagai puing pesawat serta para korban yang berada di dasar laut. Beberapa korban ditemukan menempel pada puing-puing pesawat bahkan masih ada yang berada di kursi pesawat yang jatuh tersebut. Kondisi di dasar laut yang berlumpur bisa membuat puing dan para korban akan tertimbun lumpur. Untuk itu, proses evakuasi akan segera dilakukan untuk mengangkat puing dan para korban.

Pesawat ini membawa sekitar 189 penumpang dan awak pesawat yang kemudian jatuh selang 13 menit setelah lepas landas. Penyebab jatuhnya pesawat inipun masih belum jelas diketahui. Oleh karena itu setelah black box Lion Air JT-610 ditemukan, diharapkan  dapat diselidiki data rekaman dan diketahui secara pasti penyebab jatuhnya pesawat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *