Ternyata Ini Bagian Tubuh Masih Bekerja Setelah Kematian

Tahukah kamu ternyata setelah kematian masih ada beberapa bagian tubuh manusia yang masih tetap bekerja? Kematian memang terjadi dan akan membuat seseorang tidak bisa berbuat apa lagi karena hilangnya nyawa dan membuat organ-organ manusia juga mati. Akan tetapi ada beberapa bagian tubuh masih bekerja setelah kematian dan hal ini normal. Lalu apa saja bagian tubuh dan aktifitas apa saja yang tetap bekerja dan ada meskipun manusia sudah mati?

Kuku dan Rambut

Meskipun seseorang sudah mati, ternyata pertumbuhan rambut dan juga kuku masih terus berlanjut. Meskipun begitu, aslinya bukanlah benar-benar kuku dan rambut yang tumbuh sebab jaringan kuku dan produksi rambut sudah tidak ada lagi setelah kematian. Yang sebenarnya terjadi adalah kulit yang kehilangan kelembaban dan kemudian menyusut sehingga kuku dan rambut akan nampak tumbuh.

Sel Kulit

Saat sirukulasi darah menghilang akan membuat otak mati hanya dalam hitungan menit saja, berbeda dengan sel-sel tubuh yang lain. Seperti salah satunya adalah sel kulit yang tidak memerlukan perawatan yang konstan. Sel kulit terluar masih akan terus bertahan beberapa hari dengan proses yang disebut proses osmosis.

Aktivitas Otak

Bagian tubuh masih bekerja setelah kematian yang lainnya adalah otak. Sebetulnya otak masih berfungsi beberapa menit setelah kematian meskipun jantung dan juga nafas sudah tidak ada lagi. Sel otak bekerja dan terus berusaha mencari asupan oksigen untuk dapat bertahan. Bahkan saat ini sel otak dapat bertahan hingga beberapa hari berkat kecanggihan teknologi yang ada saat ini.

Otot

Meskipun otak sudah berhenti, sistem saraf lain masih etap berfungsi seperti salah satunya adalah otot. Sistem sarat tidak lagi mengirim sinyal pada otak akan tetapi ke bagian sumsum tulang belakang dan menyebabkan otot tiba-tiba tersentak dan menjadi kejang saat setelah kematian.

Sistem Pencernaan

Banyak organisme dalam tubuh manusia yang sangat dibutuhkan seperti salah satunya adalah bakteri yang tedapat di dalam usus. Organisme ini masih tetap hidup meskipun manusia sudah mati. Organisme ada yang bersifat parasit tapi ada juga yang bersifat membantu terutama untuk membantu proses pencernaan.

Itulah beberapa bagian tubuh masih bekerja setelah kematian yang ada pada manusia. Jadi pada dasarnya setelah kematian ternyata tidak semua aktifitas dalam tubuh juga akan mati seketika. Beberapa bagian dan aktivitas masih terus bekerja hingga beberapa saat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *