Alasan Mengapa Banyak Terjadi Gempa di Indonesia

Indonesia sedang berduka karena akhir-akhir ini banyak terjadi bencana khususnya gempa bumi di beberapa wilayah Indonesia. Pertama gempa Lombok, kemudian gempa di Palu yang disertai dengan tsunami dan yang terakhir adalah gempa di Situbondo. Gempa tersebut terjadi pada selang waktu yang tidak begitu lama. Atas hal itulah mungkin sebagian masyarakat memiliki pertanyaan yang sama yaitu apa alasan mengapa banyak terjadi gempa di Indonesia. Sebelum gempa yang terjadi beberapa waktu lalu, juga sudah banyak terjadi gempa di Indonesia yang bahkan menimbulkan tsunami. Seperti pada tahun 2004 di Aceh dan tahun 2009 di Padang.
Indonesia memiliki letak geologis yang memang memiliki kemungkinan terjadi gempa. Indonesia berada di daerah pertemuan tiga lempeng dunia yang utama yaitu lempeng Eurasia, lempeng Indoaustralia, dan juga lempeng Pasifik. Selain teedapat lempeng utama, di daerah Indonesia juga terdapat sebaran patahan yang aktif atau disebut juga dengan sesar aktif. Ada setidaknya 200 titik patahan aktif yang tersebar di Indonesia. Dan masih ada banyak titik patahan yang masih belum terpetakan. Oleh karena itulah potensi gempa di Indonesia cukup besar.
Selain patahan dan tumbukan lempeng, Indonesia juga dikenala sebagai ring of fire. Ring of fire atau cincin api Pasifik madalah daerah dimana Indonesia dikelilingi dengan gunung berapi aktif. Sehingga membuat Indonesia banyak terjadi letusan gunung berapi dan terjadi gempa bumi. Hampir sebagian besar gempa yang terjadi diduni, paling banyak terjadi di sepanjang ring of fire ini.
Jika sudah mengetahui alasan yang pasti mengapa banyak terjadi gempa di Indonesia yang disebabkan oleh patahan dan juga pertemuan lempeng, maka sudah sewajarnya untuk melakukan tindakan antisipasi. Bencana alam memang tidak bisa dicegah atau dielakkan akan tetapi tidak ada salahnya nelakukan pencegahan agar dampaknya tidak terlalu parah. Salah satunya adalah dengan membuat bangunan tahan gempa. Peringatan dini terjadinya gempa bumi juga dapat meminimalkan dampak dari gempa. Seperti misalnya adalah monitoring gempa sehingga sekian menit setelah gempa terjadi bisa kemudian memberikan peringatan bahkan peringatan tsunami. Dan kemudian bisa mengambil tindakan dan menanggulanginya.

One thought on “Alasan Mengapa Banyak Terjadi Gempa di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *