Akibat Longsor Brebes 18 Orang Dikabarkan Masih Hilang

Sampai saat ini, jumlah korban akibat longsor yang terjadi Kamis (22/2/2018) sekitar pukul 08.00 WIB di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah terus bertambah. Dikabarkan 5 orang tewas, 14 luka-luka dan 18 orang hilang akibat bencana ini. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, longsor terjadi pada saat keadaan sedang tidak hujan.

Namun karena beberapa hari terakhir, hujan turun cukup intens sehingga beban air tanah bertambah, sehingga membuat tanah di perbukitan turun menuruni lereng mengikuti kontur tanah dan gravitasi sehingga menerjang tanah di bawahnya.

 

Hingga saat ini korban luka-luka telah dirawat di Puskesmas Bentar Desa Pasir Panjang, sedangkan untuk korban hilang masih dalam pencarian oleh aparat setempat yang terdiri dari anggota TNI, Polri, BPBD, Camat Salem, PMI, SAR, dan relawan dibantu warga setempat. Pencarian terhadap korban hilang masih belum bisa dilakukan karena medan yang sangat sulit.

Tim gabungan dan warga hanya menyisir sungai untuk mencari korban hanyut. Selain itu, dikabarkan juga bahwa tanah longsor juga menutupi akses jalan provinsi antara Kecamatan Salem menuju Kecamatan Banjargarjo Kabupaten Brebes sehingga tidak dapat dilalui.

Kita do’akan saja semoga proses pencarian menjadi lebih mudah sehingga para korban hilang bisa segera ditemukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *