6 Masakan Khas Indonesia yang Mendunia

Indonesia sebagai negara yang memiliki makanan tradisonal. Sebab, setiap daerah, pulau, provinsi atau suku memiliki khas tersendiri. Soal makanan sangat beragam dan sangat disukai. Tidak hanya masyarakat Indonesia saja, beberapa makanan tradisional Indonesia digemari oleh masyarakat dunia.

Rendang

Rendang, makanan khas Padang ini sangat digemari dan terkenal di mancanegara. Makanan dengan bahan dasar daging ini dikenal dengan makanan pedas. Di mana daging dimasak dengan aneka macam bumbu dan rempah asli Indonesia.

Maka tidak heran, rendang ini terkenal dan disukai, bahkan setalah memakannya semua akan merasa ketagihan. Dikabarkan pula, rendang masuk dalam daftar menu favorit di beberapa restoran baik dalam maupun luar negeri.

Nasi Goreng

Sudah tidak asing lagi dengan masakan nasi goreng. Makanan sederhana namun mewah dilidah. Iya beberapa turis bahkan pejabat hingga presiden seperti Barack Obama menyukai masakan ini saat berkunjung ke Indonesia.

Setiap adanya ajang festival kuliner di beberapa negara, nasi goreng menjadi salah satu masakan yang dikenal oleh masyarakat. Walaupun beberapa negara memiliki masakan ini, bumbu khas tradisional Indonesia cukup memberikan kesan beda dan disukai.

Sate

Sate, daging yang dipotong kecil-kecil, ditusuk dan dibakar ini juga mendunia. Daging yang digunakan bisa ayam, sapi atau kambing namun yang paling terkenal adalah sate ayam. Ini masakana yang disukai warga Indonesia dan turis yang tengah berlibur di Indonesia.

Bahkan beberapa bazar kuliner, sate ayam pun kerap dipamerkan dan disukai oleh masyarakat dunia. Beberapa restoran dunia pun menyediakan menu ini salah satunya di New York Amerika.

Gado-Gado

Gado-gado  merupakan makanan yang berasal dari Jawa. Terbuat dari bahan sayuran yang telah direbus kemudian dicampur dan diberi bumbu kacang. Mungkin ini adalah salad asli Indonesia yang rasanya enak, gurih, dan sedikit pedas. Bisa disajikan dengan tambahan kerupuk atau emping.

Soto

Masakan ini lezat, gurih dan banyak macam bahan makanan dan rempah yang dipadukan dalam satu mangkuk. Makanan berkuah ini pernah menjeng di sebuah festival kuliner di Jepang. Masakan ini pun diterima dengan baik oleh masyarakat setempat.

Tempe

Wah, ternyata tempe juga mendunia. Makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini memang dikenal dengan banyak manfaat dan bergizi. Sehingga banyak warga Indonesia dan dunia yang menyukai tempe. Cukup sederhana untuk menikmati tempe ini cukup digoreng dan disajikan.

Selain makanan atau masakan khas Indonesia di atas, masih banyak lainnya yang turut mendunia dan sangat disukai oleh turis. Hal ini menjadi hal yang positif untuk terus mengenalkan masakanan dan produk Indonesia lainnya kepada dunia.

 

One thought on “6 Masakan Khas Indonesia yang Mendunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *