6 Makanan Enak dan Sehat yang Tidak Bikin Gemuk

Setiap manusia membutuhkan makanan untuk tetap bertahan hidup. Makan enak enak merupakan yang paling dipilih. Namun terkadang tidak semua makanan enak itu sehat, apalagi membuat badan gemuk.

Kebanyakan makanan sehat itu rasanya tidak terlalu enak di lidah. Sehinga banyak orang yang mengkonsumsi makanan enak namun mengabaikan kesehatannya. Berikut 6 makanan enak dan sehat yang tidak bikin badan gemuk.

Pisang

Pisang (foto istimewa)

Pisang merupakan jenis buah yang sehat karena mengandung sumber potassium. Untuk rasa pasti cocok di lidah karena termasuk makanan enak dan sehat. Sumber potassium ini dapat mengurangi resiko tekanan darah tinggi dan stroke. Selain itu juga kaya akan serat, Vitamin B6, Vitamin C, dan banyak lagi manfaatnya.
Pisang dipercaya bisa menurunkan berat badan namun tentunya dilihat dari porsi konsumsinya. Jika terlalu banyak maka akan beresiko membuat badan gemuk.

Beras Merah

Beras Merah (foto istimewa)

Penduduk Indonesia mayoritas mengkonsumsi beras putih, sedikit yang memilih beras merah. padahal beras merah jauh lebih bagu karena memiliki manfaat lebih. Berasa merah kaya akan serat dan rendah kalori, serta vitamin. Sehingga banyak yang menyarankan konsumsi beras merah bagi yang sedang melakukan diet.

Kacang Hijau

Kacang hijau (foto istimewa)

Kacang hijau juga jenis makanan enak dan sehat, yang mengandung vitamin A, Vitamin B6, zat karotenoid, mineral essensial dan kaya serat. Semua kandungan tersebut sangat baik bagi tubuh. Cara mengkonsumsi kacang hijau ini, bisa dijadikan bubur.

Sup Sayur

Sup sayur (foto istimewa)

Sup sayur bukan hanya enak namun juga sehat. Dengan mengkonsumsi sup sayur dapat menghindari dari berbagai jenis penyakit. Sebab memiliki lebih sedikit kalori. Pilih lah jenis sayuran segar dan berkualitas tinggi.

Labu

Labu (foto istimewa)

Labu mengandung vitamin dan antioksidan yang tinggi. Kandungan di dalam labu juga sangat rendah, tidak mengandung lemak jenuh atau kolestrol, namun kaya akan serat. Jika menkonsumsi labu, tidak akan membuat badan gemuk. Maka labu sangat bagus bagi yang ingin memiliki badan kurus atau ideal.

Tempe dan Tahu

Tempe (foto istimewa)

Tempe dan tahu merupakan sumber protein nabati yang baik untuk mnengendalikan berat badan. Berbagai penelitian telah menunjukkan pola makan tinggi protein nabati bisa meningkatkan kerja metabolism tubuh untuk membakar kalori. Selain itu makanan berprotein tinggi bisa mengendalikan nafsu makan dengan membuat perut kenyang lebih lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *