5 Tips Mendaki Gunung Yang Harus Diketahui Bagi Newbie

Sendoksayur.co.id – Banyak masyarakat yang beranggapan mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan yang hanya dilakukan oleh para pecinta alam, namun tidak untuk saat ini. Pasalnya mendaki gunung menjadi kegiatan favorit masyarakat umum, khususnya di kalangan maahasiswa. Mereka adalah newbie atau pendaki pemula yang tengah berusaha mencapai puncak satu dan lainnya untuk pengalaman barunya.

Kegiatan ini penuh dengan tantangan dan persiapan yang matang sebelum mendaki. Sehingga para newbie atau pemula harus memperhatikan segala hal yang berhubungan dengan pendakian. Berikut tips mendaki gunung yang harus diperhatikan bagi newbie.

Kelengkapan Logistik Mendaki

Logistik ini sangat penting bagi pendaki baik yang sudah berpengalaman maupun newbie. Karena peralatan ini dimanfaatkan untuk bertahan hidup di alam. Peralatan pun cukup banyak yang perlu diperhatikan dipersiapkan seperti tenda, carrier, alat masak, nesting, sleeping bag, sepatu gunung, jaket, dan masih banyak lainnya.

Mungkin bagi para newbie akan berpandangan, ini perlengkapan terlalu banyak dan membuat ribet diri sendiri ketika mendaki. Namun dengan membawa peralatan lengkap para pendaki akan sangat terbantukan selama di melakukan kegiatan tersebut.

Melatih Fisik

Melatih fisik dengan berolahraga paling utama dalam menjalankan misi mendaki. Semua orang yang hendak mendaki harus dalam keadaan yang sehat. Biasanya otot kaki dan keseimbangan yang harus diperhatikan.

Adapun cara melatih otot kaki yakni bisa dilakukan dengan lari pagi atau sore yang dilakukan secara rutin sebelum pendakian. Dengan lari dapat melatih otot kaki agar tidak kaget saat berjalan di medan atau trek yang tidak mudah dilalui. Namun sebelum lari anda juga harus melakukan pemanasan dan setelah lari lakukan pendinginan dengan senam kecil.

Mencari Informasi Gunung yang akan Didaki

Mencari infromasi ini juga wajib diperhatikan bagi pendaki terlebih newbie. Karena sebagai orang yang akan bertamu harus tahu soal medan, trek, pantrangan, dan jalur yang akan dilalui. Hal ini sebagai peta yang akan memandu anda selama perjalanan.

Zaman sekarang mencari informasi sangat dimudahkan karena teknologi yang sudah modern dan canggih. Di internet sangat banyak dan cukup lengkap untuk bekal perjalanan. Selain itu bisa juga dnegan bertanya kepada teman yang sudah berpengalaman mendaki di gunung tersebut.

Ikuti Prosedur dan Intruksi Petugas

Bagi para pendaki tentunya harus mendaftarkankan kempoknya kepada petugas gunung setempat. Seteah administrasi sudah selesai, petugas pun akan memberikan intruksi atau arahan yang berkaitan dengan kegiatan mendaki. Terlebih soal larangan. Setiap gunung memiliki aturan tersendiri namun pada intinya semua pendaki harus memngikuti arahan itu agar bisa kembali ke rumah dengan selamat.

Jangan Buang Sampah Sembarangan

Sampah menjadi masalah yang sangat serius untuk diperhatikan. Sampah di dataran, di laut sudah sangat banyak. Tentu semua tidak mau kalau gunung yang asri dan indah ini tercemari oleh sampah-sampah yang ditinggalkan oleh pemiliknya. Maka sampah harus dibawa turun kembali. Jangan tinggalkan sampah di gunung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *