4 Fakta Unik Kebiasaan Orang Jepang yang Bisa Ditiru di Indonesia

Menyinggung soal fakta unik masyarakat Jepang tentunya sangat beragam. Begitu banyak keunikan dari segi pakaian adat, makanan, tempat wisata, dan lainnya. Namun kamu tahu tidak, banyak hal-hal sederhana yang bisa kita teladani dalam kehidupan sehari-hari di Indonesia yakni soal kebiasaan.

Masyarakat di negara berjuluk negeri matahari ini, begitu memiliki kebiasaan yang bagus dan bisa kita contoh dalam kehidupan sehari-hari. Berikut 4 fakta unik kebiasaan orang jepang yang bisa ditiru di Indonesia.

Menjaga Kebersihan

Semua orang tahu, masyarakat Jepang ini begitu peduli terhadap kebersihan. Mereka enggan meninggalkan jejak atau meninggalkan sampah di mana pun. Hal ini ternyata sudah menjadi kebiasaan masyarakat Jepang bahkan dilatih sejak dini. Sehingga ketika beranjak dewasa sudah terbiasa tidak membuang sampah sembarangan.

Kebiasaan ini bisa ditiru oleh masyarakat Indonesia. Bukan soal sekeder mengikuti trend Jepang melainkan meniru sesuatu yang positif dan akan berdampak baik di lingkungan Indonesia. Secara masyarakat kita belum sepenuhnya peduli terhadap kebersihan bahkan sekedar untuk membuang sampah di tempatnya.

Bersepeda ke Sekolah

Bersepeda adalah hal unik lainnya bagi jepang. Walaupun Jepang bisa memproduksi kendaraannya sendiri seperti motor dan mobil tapir jutru para pelajar Jepang lebih memilih naik sepeda ke sekolah. Sedangkan motor atau mobil yang sudah jadi dipasarkan ke negara lain termasuk di Indonesia.

Jadi kebiasaan naik sepeda ke sekolah ini juga bagus untuk mengurangi kemacetan di kota-kota besar. Karena selama ini pelajar sebagian pelajar di kota besar lebih memilih naik kendaraan pribadi baik sehingga akan menambah kemacetan.

Hal ini bisa dicoba saat ini, karena ini sudah berimbang dengan adanya sistem zonasi bagi pelajar sehingga naik sepeda adalah alternatif yang tepat. Karena jarak rumah dan sekolah tidak begitu jauh.

Minat Baca yang Cukup Tinggi

Minat baca masyarakat Jepang cukup tinggi bahkan di tingkat dunia. Bagi mereka membaca adalah suatu kebutuhan. Walaupun teknologi lebih dahulu modern namun kebiasaan membaca buku tidak tergerus oleh kemodernan.

Kebiasaan suka membaca ini bisa ditiru dan diaplikasikan di Indonesia. Hal ini bisa ditanamkan kepada anak-anak sejak dini bahkan sebelum masuk sekolah. Membiasakan anak membaca 10-15 menit secara rutin.

Tidak Menghilangkan Tradisi dan Budaya

Masyarakat Jepang begitu menghormati dan berpegang teguh apa yang telah dimiliki. Seperti tradisi dan budaya telah dijaganya. Walaupun zaman sudah berubah kepada kemodernan namun tradisi dan budaya Jepang tetap dikenal oleh generasinya bahkan medunia.

Indonesia, negara yang memiliki begitu banyak suku, ras, adat istiadat, bahasa, dan agama ini harus tetap dijaga. Jangan sampai, tradisi atau budaya Indonesia ini hanya dikenal lewat sejarah atau orang-orang terdahulu. Tradisi ini harus tetap dikenalkan kepada generasi penerus bangsa agar tidak dilupakan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *